Getaran Perang Perdagangan Mengirim Saham-saham Negara Berkembang Ke Posisi Terendah 2018

728

(Vibiznews – Stock) – Meningkatnya ketegangan perdagangan antara Washington dan Beijing telah mendorong pasar saham negara berkembang muncul ke level terendah enam bulan pada hari Senin sementara dolar yang lebih kuat membebani mata uang.

Saham pasar negara berkembang MSCI melemah 0,4 persen pada hari keempat berturut-turut di zona merah, dengan bursa Asia seperti ekspor-kelas berat Korea Selatan jatuh lebih dari 1 persen, meskipun pasar China dan Hong Kong ditutup karena libur.

Kerugian terjadi setelah Amerika Serikat pada hari Jumat merinci $ 50 miliar impor Cina untuk menghadapi tarif 25 persen. Langkah itu mendorong tanggapan cepat dari Beijing, yang membalasnya dengan mengatakan akan memberlakukan $ 50 miliar impor AS dan menangguhkan semua perjanjian perdagangan sebelumnya dengan pemerintahan Presiden AS Trump.

“Saat ini tidak ada tanda nyata baikTrump maupun (Presiden China) Xi Jinping akan mundur, ”kata Per Hammarlund di SEB. Apakah mungkin ada putaran tarif lain, dan kemudian di mana itu akan berakhir? Trump … bukan orang yang mundur dalam pertarungan seperti ini dan mengingat setiap orang bersumpah untuk menanggapi dengan cara yang sama, tidak ada pembukaan untuk solusi apa pun. ”

Pasar negara berkembang telah menderita setelah pandangan hawkish minggu lalu dari Federal Reserve AS dan suku bunga bank sentral Eropa akan disimpan di rekor terendah hingga setidaknya pertengahan 2019, hal ini yang mendorong dolar naik.

Data dari EPFR Global menggarisbawahi kehati-hatian investor, dengan dana ekuitas pasar negara berkembang global melihat arus keluar meningkat hingga mencapai $ 1,3 miliar dalam seminggu hingga Rabu lalu dan dana khusus GEM menderita kebocoran mingguan terbesar seminggu setelah pemilihan AS pada November 2016.

Mata uang negara berkembang juga bergolak berkat harga komoditas yang lebih lemah, dengan minyak di bawah tekanan karena tarif pembalasan China termasuk minyak mentah AS sementara dolar masih diperdagangkan dalam pandangan tujuh bulan tertinggi yang dicapai pada hari Jumat. Sebuah perkiraan sentiment   mengatakan Peso Meksiko, melemah 0,4 persen terhadap dolar, sementara won Korea Selatan, yang sensitif terhadap perubahan ekspor, juga melunak.

Eksportir  minyak mentah Rusia melihat rubel melemah 0,3 persen di tengah tergelincirnya harga minyak sementara Rand Afrika Selatan menyamai penurunan tersebut. Lira Turki membuktikan pengecualian terhadap aturan tersebut, menguat 0,2 persen setelah lima hari dalam keadaan lesu dan dengan pasar lokal mengejar pembukaan kembali setelah liburan Idul Fitri hari Jumat.

Tapi SEB’s Hammarlund mengatakan ini mungkin menjadi jeda singkat menjelang pemilihan presiden dan parlemen hari Minggu. Beberapa jajak pendapat baru-baru ini telah menyarankan Partai AK yang berkuasa pimpinan Presiden Tayyip Erdogan dapat kehilangan mayoritas parlementernya dalam jajak pendapat, yang akan mengerem kemampuannya untuk menggunakan kekuasaan presidensi eksekutif yang baru.

Kekhawatiran tentang apa yang bisa terjadi setelah pemilihan pada hari Minggu mendominasi pasar sekarang – ada pendekatan wait and see untuk melihat apakah oposisi mungkin dapat memenangkan parlemen, dalam hal ini bisa menjadi lingkungan politik yang sangat rumit, “kata Hammarlund. “Ini akan menjadi perlombaan yang sangat ketat dan itu berada dalam batas kesalahan bahwa oposisi dapat memenangkan parlemen

 

Belinda Kosasih/Coordinating Partner of Banking Business Services/Vibiz Consulting Group

Editor : Asido Situmorang

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here