Bank of England Pertahankan Suku Bunga Tetap

545

(Vibiznews – Economy & Business) Bank of England (BOE) mempertahankan suku bunga utamanya tidak berubah pada Kamis (21/06).

The central bank’s Monetary Policy Committee (MPC) seperti telah diperkirakan, mempertahankan suku bunga pada tingkat 0,5 persen mereka saat ini, di tengah rendahnya inflasi dan data pertumbuhan lemah.

Para pembuat kebijakan di komite itu menunda menaikkan suku pada Mei menyusul data ekonomi yang lebih lemah dari perkiraan. Bank juga mengatakan bahwa ekonomi Inggris diperkirakan tumbuh 1,4 persen pada 2018, menurunkan proyeksi sebelumnya 1,8 persen.

Terhadap latar belakang ekonomi seperti itu, tidak ada ekonom yang disurvei oleh Reuters yang memperkirakan kenaikan suku bunga pada bulan Juni.

Ekspektasi pasar adalah untuk kemungkinan kurang dari 40 persen dari MPC menaikkan suku bunga pada bulan Agustus, dengan sekitar 80 persen peluang dari satu kenaikan suku bunga lebih pada akhir 2018, kata Reuters menjelang keputusan Kamis.

Sterling merosot ke level terendah tujuh bulan jelang pertemuan, menjadi $ 1,3125. Keputusan terbaru datang di tengah ketidakpastian berkelanjutan atas arah ekonomi, menjelang berpisahnya U.K. dari Uni Eropa pada Maret 2019.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here