Saham Eropa Bergerak Lemah, Peritel Raksasa Carrefour Dan British Tesco Hendak Bersatu

548

(Vibiznews – Index) – Saham Eropa masih bergerak lemah pada hari Senin karena kekhawatiran tentang kebijakan perdagangan AS dan kekhawatiran tentang pemerintahan koalisi Kanselir Jerman Angela Merkel membebani sentimen.

Data ekonomi juga gagal meyakinkan investor dengan pertumbuhan pabrik di zona euro yang melambat ke level terendah 18-bulan pada bulan Juni di tengah kekhawatiran yang meluas tentang hambatan perdagangan baru.

Pan-Eropa STOXX 600 turun sekitar 0,8 persen pada 08:30 GMT dengan kerugian di seluruh benua dan sektor.

Uni Eropa telah memperingatkan Amerika Serikat bahwa memaksakan tarif impor mobil dan bagian mobil akan merugikan industri otomotif sendiri dan kemungkinan menyebabkan langkah-langkah balasan.

Indeks Jerman DAX turun 0,6 persen. Di Frankfurt, saham peritel elektronik konsumen Ceconomy (CECG.DE) naik 10 persen setelah berita bahwa perusahaan telekomunikasi Freenet (FNTGn.DE), turun 4,9 persen, akan mengakuisisi saham perusahaan Ceconomy sebanyak 9 persen.

Di Paris, Airbus (AIR.PA) saham jatuh 2,2 persen setelah Bloomberg News melaporkan planemaker Eropa akan kehilangan target pengiriman untuk Pratt & Whitney-powered (UTX.N) A320 neo jet pesawat berbadan sempit tahun ini.

French supermarket pengecer Carrefour (CARR.PA) dan rekan British Tesco (TSCO.L) kehilangan 0,7 persen dan 0,4 persen masing-masing setelah mereka mengumumkan rencana untuk membentuk aliansi pembelian jangka panjang global, karena mereka berusaha untuk memotong biaya.

Di London, FTSE 100 turun 0,9 persen karena ketegangan atas Brexit terus dalam kabinet Perdana Menteri Theresa May dan jajak pendapat baru menunjukkan rekor 75 persen perusahaan besar di Inggris kini pesimis tentang keberhasilan Brexit.

Perusahaan teknologi perjudian British Playtech (PTEC.L) dikirim kinerja terburuk, kehilangan lebih dari 20 persen setelah investor kecewa dengan update perdagangan.

Di antara pemenang langka, perusahaan perangkat lunak Inggris Micro Focus International (MCRO.L) naik 5 persen setelah mengatakan telah setuju untuk menjual operasi bisnis sistem SUSE Linux untuk dana ekuitas swasta yang disarankan oleh Swedia EQT Mitra sebesar $ 2,535 miliar.

Milan FTSE MIB .FTMIB turun 1,5 persen dengan kelompok farmasi Italia Recordati (RECI.MI) jatuh lebih dari 15 persen setelah konsorsium dana investasi yang dikendalikan oleh CVC Capital Partners telah setuju untuk membeli saham di harga diskon.

Selasti Panjaitan/VBN/Coordinating Partner Vibiz Consulting Group
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here