Saham Teknologi Dan Industri Tekan Wall Street Awal Bulan Ini

492

(Vibiznews – Index) – Kerugian di saham teknologi dan industri perusahaan menyeret Wall Street lebih rendah pada perdagangan hari pertama semester kedua tahun ini, sebagai risiko perang tarif meningkat antara Washington dan mitra dagangnya terus membebani sentimen.

Saham perusahaan AS trade-sensitif tergelincir, dengan Boeing (BA.N) dan Caterpillar (CAT.N) turun lebih dari 1,5 persen. Saham pembuat chip juga meluncur bersama dengan sejumlah saham AS yang terdaftar perusahaan Cina.

Indeks saham-saham unggulan Shanghai, Indeks .CSI300 turun hampir 3 persen, beberapa hari sebelum tarif AS atas $ 34 miliar barang-barang China yang mulai berlaku pada tanggal 6 Juli mendatang.

Kekhawatiran perang perdagangan juga diperparah oleh ancaman dari Uni Eropa untuk memukul Amerika Serikat dengan hampir $ 300 miliar dalam tarif pembalasan.

Kanada pada hari Jumat memukul balik pada administrasi Trump atas tarif baja dan aluminium AS, bersumpah untuk memberlakukan tindakan penghukuman terhadap barang-barang Amerika senilai $ 12,63 miliar.

Saham global juga menghadapi dampak ancaman bagi koalisi Kanselir Jerman Angela Merkel, sementara peso Meksiko bergelombang setelah kemenangan pemilu Andres Manuel Lopez Obrador yang akan mengatur panggung untuk pemerintahan sayap kiri di saat hubungan tegang dengan Amerika Serikat.

Pada 09:44 EDT, Dow Jones Industrial Average DJI turun 182,28 poin, atau 0,75 persen, di 24,089.13, S & P 500 turun 15,76 poin, atau 0,58 persen, pada 2,702.61 dan Nasdaq Composite .IXIC turun 42,64 poin, atau 0,57 persen, pada 7, 467,67.

2 M (MMM.N) Caterpillar (CAT. N) perdagangan setidaknya 1 persen lebih rendah. Demikian juga dengan Boeing, 3 M (MMM.N)

Saham produsen chip, yang tergantung pada China untuk sebagian besar pendapatan mereka, jatuh, Micron (MU.O), AMD (AMD.O) dan Nvidia (NVDA.O) dan Intel (INTC.O) turun lebih dari 1 persen .

Di antara perusahaan China, Alibaba (BABA.N) turun 1,8 persen, sementara JD.com (JD.O) turun 2,3 persen.

Di antara titik terang adalah Tesla (TSLA.O), yang melonjak 4,4 persen, setelah produsen mobil listrik mengatakan bahwa perusahaan mengalahkan targetnya menghasilkan 5.000 Model 3 sedan per minggu.

Dell Technologies Inc (DVMT.N) melonjak 7,3 persen setelah setuju untuk membeli saham pelacakan dari VMware (VMW.N), mengambil langkah lebih dekat untuk menjadi perusahaan publik lagi. Harga saham VMware naik 4,9 persen.

Selasti Panjaitan/VBN/Coordinating Partner Vibiz Consulting Group
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here