Harga Gula dan Kakao Turun Pada Akhir Minggu ini, Cuaca Bagus Meningkatkan Produksi

933

(Vibiznews – Commodity) – Harga soft commodities mixed pada penutupan pasar minggu ini, kenaikan di harga kopi dan turunnya harga gula dan kakao, faktor cuaca mempengaruhi hasil panen sehingga persediaan menjadi banyak.

Harga kopi September naik $4.95 menjadi $117.55 per pon
Harga kopi sangat dipengaruhi oleh cuaca di daerah penanaman di Brazil dan Vietnam. Di daerah penanaman Brazil cuaca sangat cocok untuk menghasilkan panen yang baik sehingga produksi kopi di Brazil sangat besar. Penguatan dari dolar AS membuat harga kopi menjadi murah. Namun dengan produksi yang besar dari kopi membuat harganya menjadi turun.

Di Brazil cuaca kering juga berlangsung dan sampai minggu depan diperkirakan tidak akan turun hujan, sementara di Amerika Tengah dan Selatan Mexico turun hujan.

Di London belum ada pergerakan yang membuat kopi robusta menjadi menarik sehingga harga kopi Robusta juga turun akibat produsen sulit mencari pembeli. Di daerah penanaman kopi robusta di Vietnam cuaca sangat kering sehingga tidak bisa diperkirakan seberapa besar panen yang dihasilkan membuat produsen sulit menentukan harga, produsen menunda penjualan sampai harga naik kembali.

Harga gula September di New York turun $0.07 menjadi $25.93 perpond.
Saat ini harga gula masih ditentukan oleh spekulator, tidak adanya minat dari pembeli yang asli yang membeli gula dari produsen yang dapat membuat harga naik. Para produsen dari Brazil sangat khawatir tidak dapat menjual produksinya walaupun panen tebu berlangsung lebih cepat sementara itu pengangkutan dari ladang tebu ke pabrik penggilingan sangat lambat karena biaya pengangkutan yang mahal sejak adanya pemogokan oleh supir truk. Cuaca di Brazil sangat kering dan suhunya di atas normal.

Walaupun demikian persediaan gula dunia masih banyak sehingga persediaan pasar juga masih ada. Cina sudah melakukan pembelian dari surplus gula di India, sehingga India tidak menambah lagi persediaan gula dunia. Cuaca di India sedang musim hujan yang membuat tanah di kebun tebu menjadi subur. Thailand pada saat ini mencapai rekor dalam memproduksi gula dan menjualnya ke pasar dunia sehingga menambah persediaan gula dunia.

Harga Kakao September di New York turun $17 menjadi $2,465 per ton.
Cuaca di Afrika Barat di kebun kakao bagus untuk tanaman kakao menghasilkan kakao yang bagus dengan curah hujan yang cukup. Cuaca yang bagus juga terjadi di Afrika Timur dan Asia. Di Indonesia dan Malaysia juga hujan cukup sering turun dan suhu diatas normal. Sedangkan di Brazil cuaca kering dan suhu diatas normal. Laporan persediaan hari ini 4.876 juta kantong.

Produksi kakao di Nigeria tahun 2018-2019 diperkirakan menjadi 310,000 metric ton, naik dari 300,000 metric ton tahun lalu, karena cuaca yang bagus di kebun kakao, ditambah dengan penanaman tanaman unggulan di area yang baru sejak 1999 sampai 2007 sehingga panen menjadi meningkat dengan hasil kakao yang lebih baik.

Loni T / Analys Vibiz Research Centre – Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here