Harga Kakao dan Gula Naik Cuaca Kering Mempengaruhi Produksi

491

(Vibiznews – Commodity) Harga Soft Commodities mixed pada hari Selasa, harga gula dan kakao naik sedangkan harga kopi turun. Para trader masih melakukan transaksi spekulatif untuk mengambil keuntungan di waktu yang singkat, karena rata-rata produk soft mengalami penurunan.

Harga kopi September turun sedikit 25 sen menjadi $114.80 per pound.
Harga kopi sempat naik pada awal perdagangan hari Selasa karena pembelian spekulatif dan pembelian commercial setelah harga kopi berjangka turun ke empat tahun terendah.
Di London pasar kopi sangat kuat terutama untuk kopi Vietnam. Di Vietnam cuaca kering membuat buah kopi menjadi rusak. London adalah pasar terbaik dunia terutama untuk kopi Robusta, tapi produsen terbesar Vietnam mengalami kesulitan dengan cuaca yang kering sehingga produksi sedikit dan mereka menunggu sampai harga naik. Harga kopi robusta di Vietnam masih turun, walaupun persediaan internal sedikit karena panen lebih kecil dari yang diharapkan.

Para Traders melakukan trading tidak menahan posisi lagi hanya melakukan transaksi spekulatif sebentar untuk mengambil keuntungan di pasar New York.
Cuaca Brazil sebagai produsen dari kopi Arabika kering dan diperkirakan tidak turun hujan sampai minggu depan. Para pedagang sangat memperhatikan perbandingan harga dari produsen di Amerika tengah ini. Suhu di Amerika tengah rata-rata diatas normal.

Harga gula Oktober naik 1 sen menjadi $11.41 per pound.

Transaksi di perdagangan berjangka New York dan London sedikit pada hari Selasa dan kecendrungan spekulator melakukan penjualan karena produksi gula dunia sangat besar.
Cuaca di Brazil, Uni Eropa dan Rusia kering tapi di Thailand dan India cuaca bagus. Brazil kuatir dengan hasil dari panen tebu walaupun panen lebih cepat, karena biaya pengangkutan ke pabrik penggilingan sangat tinggi karena mogoknya supir truk. Walaupun demikian persediaan gula dunia masih sangat besar. Cuaca kering di EU dan di sebelah timur Rusia mempengaruhi pertumbuhan tanaman bit untuk gula. India produksi gulanya sangat besar sehingga bisa mengexport lebih dari dua juta ton. Cina akan membeli gula dari India sehingga persediaan gula dunia tidak ditambah dengan persediaan India.

Harga kakao September naik $58 menjadi $2,501 perton.

Curah hujan yang baik dan suhu yang normal membuat tanaman kakao sangat baik di Afrika Barat sehingga panen diperkirakan akan naik demikian juga cuaca di Afrika Timur dan di Asia, sedangkan di Brazil cuaca kering dan suhu di atas normal. Persediaan kakao menurut laporan ICE lebih tinggi menjadi 4.877 juta kantong.

Loni T / Analyst Vibiz Research Centre – Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here