Harga Minyak Sawit Turun ke Terendah Tiga Tahun

749

(Vibiznews – Commodity) – Harga minyak sawit Malaysia pada akhir minggu ini sempat turun ke harga terendah tiga tahun, karena mengikuti turunnya harga minyak nabati walaupun kurs ringgit melemah.

Harga minyak sawit September di Bursa Malaysia Derivatives Exchange turun 0.8% menjadi RM 2,186 (USD 541.16) perton pada penutupan pasar yang merupakan penurunan untuk tiga hari berurutan. Pada siang hari harga sempat turun 1.3% menjadi RM 2,176 harga terendah sejak 22 September 2015. Volume transaksi sebesar 61,228 lot dari 25 ton per lot.

Melemahnya kurs ringgit seharusnya membuat harganya menjadi murah untuk pembeli luar negeri tapi dengan turunnya harga dari minyak nabati lain minyak sawit menjadi tidak menarik untuk dibeli. Ringgit melemah 0.1% terhadap dolar menjadi RM 4.0595.

Harga minyak sawit turun 6% sejak awal bulan karena mengikuti melemahnya harga minyak kedelai yang turun karena perang dagang antara AS dan Cina dan juga melemahnya permintaan.
Harga minyak kedelai Desember di Chicago turun 0.1% demikian juga dengan Harga minyak kedelai di China Dalian Commodity Exchange turun 0.14% . Harga minyak sawit September di Dalian turun 0.7%.

Loni T / Analyst Vibiz Research Centre – Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here