Uni Eropa Siapkan Tarif Pembalasan $ 20 Miliar Jika AS Kenakan Tarif Mobil

567

(Vibiznews – Economy & Business) Amerika Serikat dapat menghadapi gelombang tarif lain dari Eropa jika Presiden AS Donald Trump menyetujui tarif baru pada pembuat mobil, kepala perdagangan Uni Eropa  mengatakan kepada surat kabar Swedia Dagens Nyheter Rabu (25/07).

Uni Eropa berusaha mencegah Trump memberlakukan tarif 20 persen untuk mobil dari wilayah tersebut. Hanya beberapa jam sebelum pertemuan dengan Trump di Gedung Putih, Cecilia Malmstrom, yang memimpin kebijakan perdagangan Uni Eropa, mengatakan kepada surat kabar Swedia bahwa blok itu sedang mempersiapkan tarif baru kontra pada barang-barang Amerika senilai $ 20 miliar. Dia menambahkan bahwa tarif tidak akan diterapkan untuk negara bagian AS tertentu, tetapi untuk barang-barang umum, seperti barang pertanian, mesin dan barang-barang berteknologi tinggi.

Alexander Winterstein, juru bicara Komisi Eropa, badan eksekutif Uni Eropa, seperti yang dilansir CNBC, mengatakan pada hari Rabu: “Jika tarif mobil diberlakukan maka kita perlu mengambil langkah-langkah balasan dan kami siap untuk itu, kami siap untuk bertindak segera dan kami siap untuk bereaksi secara memadai. ”

Tarif mobil dan arus perdagangan secara keseluruhan akan dibahas Rabu di Washington antara Trump, Malmstrom dan Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker.

Uni Eropa telah memberlakukan tarif senilai $ 3,3 miliar untuk barang-barang AS sebagai tanggapan atas keputusan sebelumnya oleh Trump untuk memaksakan 25 dan 10 persen tarif masing-masing untuk baja dan aluminium dari Eropa.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here