Saham Teknologi Dan Pendukungnya Dorong Bursa Eropa

712

(Vibiznews – Index) – Saham-saham teknologi mendorong bursa saham Eropa, naik pada hari Jumat di akhir pekan ini, karena Apple menjadi perusahaan yang telah mencapai nilai kapitalisasi satu triliun dolar pertama di dunia, demikian juga saham-saham perbankan menunjukkan kinerja positip.

Apple juga mendorong bursa saham Eropa khususnya di sektor teknologi, yang naik 0,9 persen demikian juga dengan saham-saham penghasil chip – yang menjadi pemasok bagi iPhone.

Sektor teknologi membantu mendorong indeks Eropa STOXX 600 yang naik 0,4 persen pada pukul 08:30 GMT.

Keuangan juga naik, setelah Perancis Credit Agricole (CAGR.PA) dan Inggris RBS (RBS.L) menunjukkan kinerja keuangan yang baik. Credit Agricole (CAGR.PA) melaporkan laba kuartal kedua mendekati perkiraan, mengirim sahamnya naik 2 persen, sedangkan Natixis (CNAT.PA) juga menguat 2 persen setelah laba kuartal kedua naik.

Saham RBS naik 2,8 persen setelah bank milik negara ini pulih dan mengumumkan dividen pertamanya dalam satu dekade.

Secara keseluruhan, profitabilitas sektor perbankan naik 22 persen tahun-ke-tahun dan kualitas kredit membaik, kata para analis Goldman Sachs, menyebut kuartal yang sehat bagi bank.

Yang juga mengeluarkan laporan keuangannya pada hari Jumat adalah asuransi Jerman, Allianz (ALVG.DE) naik 0,7 persen setelah menegaskan kembali bahwa perusahaan ini sanggup untuk memenuhi target laba 2018.

Pengecer bandara Dufry (DUFN.S) jatuh 5,2 persen ke level terendah empat bulan setelah melaporkan pertumbuhan penjualan yang lebih rendah dari perkiraan.

Saham Heineken (HEIN.AS) naik 1,8 persen setelah perusahaan dipatok $ 3,1 miliar dengan pemilik bir terbesar China, China Resources Beer, untuk mengambil 40 persen saham di perusahaan.

Selasti Panjaitan/VBN/Coordinating Partner Vibiz Consulting Group
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here