Bursa Eropa Bergerak Naik Merespon Komentar Ketua The Fed AS

495

(Vibiznews – Index) Pasar Saham Eropa bergerak di wilayah positif pada Senin malam (27/08) dengan investor bereaksi terhadap komentar dari kepala Federal Reserve pada jalur pengetatan kebijakan bank sentral AS.

Indeks Stoxx 600 Eropa diperdagangkan 0,27 persen lebih tinggi, dengan semua sektor di wilayah positif.

Indeks DAX menguat 0.52 persen. Indeks CAC maju 0.45 persen.

Melihat di seluruh patokan, Metro Group Jerman adalah pemain terbaik, setelah Ceconomy mengatakan dalam pembicaraan untuk menjual sebagian besar 10 persen sahamnya di pengecer grosir Jerman. Saham Metro Group melonjak 12 persen selama transaksi awal.

Pemain pasar juga memantau berita dari Jumat bahwa Ketua Federal Reserve Jerome Powell melihat kenaikan suku bunga lebih lanjut, bertahap ke depan.

Powell mengatakan pada Simposium Jackson Hole di Wyoming bahwa bank sentral kemungkinan akan melanjutkan pengetatan kebijakannya jika ekonomi terus menguat. Powell minggu lalu mendapat kecaman dari Trump untuk kedua kalinya, mengatakan dalam sebuah wawancara dengan Reuters bahwa dia “tidak senang” oleh kenaikan suku bunga bank sentral.

Dalam berita geopolitik, AS akan menerapkan sanksi terhadap Rusia pada hari Senin, dalam solidaritas dengan Inggrus atas tuduhan Moskow terlibat dalam keracunan mantan mata-mata Rusia Sergei Skripal dan putrinya Yulia.

Dalam berita perusahaan, Fidessa Group dan Sirius Minerals melaporkan hasil pada hari Senin.

Pada data ekonomi, data optimisme bisnis Ifo Jerman meningkat tertinggi 6 bulan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya bursa Eropa akan bergerak positif naik dengan meredanya ketegangan perang dagang AS-China.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here