Optimisme Bisnis Jerman Melonjak Tertinggi 6 Bulan

422

(Vibiznews – Economy & Business) Optimisme bisnis Jerman Agustus melonjak karena perusahaan mengangkat prospek bisnis mereka, demikian Ifo Institute mengatakan Senin (27/08).

Indeks iklim bisnis Ifo melonjak menjadi 103,8 pada bulan Agustus dari 101,7 pada bulan Juli. Ekonom yang disurvei oleh The Wall Street Journal telah memperkirakan peningkatan yang jauh lebih kecil menjadi 101,9.

Clemens Fuest, Presiden Ifo Institute, mengatakan kinerja ekonomi Jerman kuat. Dia mengatakan bahwa ekonomi domestik Jerman yang baik dan meredanya konflik perdagangan antara AS dan Eropa berkontribusi pada kenaikan.

Di sektor manufaktur, sentimen membaik setelah enam penurunan berturut-turut dan didorong oleh ekspektasi yang lebih optimis, terutama di sektor otomotif.

Perusahaan jasa Jerman juga “terlihat lebih optimis,” menurut Ifo Institute, yang setiap bulan mengumpulkan sekitar 9.000 perusahaan di sektor manufaktur, jasa, perdagangan, dan konstruksi.

Jajak pendapat Ifo yang lebih baik dari perkiraan datang setelah survei manajer pembelian Jerman pada hari Kamis, ketika data perusahaan IHS Markit mengatakan bahwa Purchasing Managers Index mencapai tertinggi enam bulan 55,7 pada bulan Agustus karena kenaikan pelayanan.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here