BI Dorong Optimalisasi Investasi Daerah Melalui Promosi Terpadu

557

(Vibiznews – Banking & Insurance) – Bank Indonesia terus mendorong optimalisasi investasi daerah di Indonesia terutama sektor pariwisata untuk mempercepat penerimaan devisa melalui kegiatan Indonesia Investment Day dengan tema“Tourism, Connectivity, and Related Investment “ yang diselenggarakan pada hari ini (31/8) di Singapura. Kegiatan Indonesia Investment Day merupakan kerjasama antara KBRI Singapura bekerjasama dengan Bank Indonesia, Indonesia Investment Promotion Center (IIPC), Atase Perdagangan dan Atase Keuangan yang tergabung dalam GIRU (Global Investor Relation Unit) Singapura. Hadir dalam kegiatan tersebut kalangan investor, CEO perusahaan, pelaku usaha, dan asosiasi pengusaha khususnya di negara setempat.

Dalam pemaparannya, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Mirza Ardityaswara menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mempertemukan investor global potensial dan potensi investasi daerah di Indonesia (business matching). Dalam hal ini Bank Indonesia, baik di tingkat pusat maupun daerah bersinergi dengan pemerintah daerah, korporasi dan UMKM mempromosikan 30 project profile investment opportunities di 8 daerah investasi potensial yaitu Provinsi Sumatera Utara, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Kalimantan Timur, Provinsi Sulawesi Utara, Provinsi Kepulauan Riau, Provinsi Jawa Tengah dan Provinsi Nusa Tengara Timur. Project yang dipromosikan adalah proyek investasi yang bersifat clean dan clear yaitu memiliki feasibility study serta tidak memiliki kendala dalam ijin usaha dan lahan.

Promosi terpadu khususnya untuk sektor pariwisata merupakan langkah konkrit dari implementasi kesepakatan antara Pemerintah dan Bank Indonesia dalam kegiatan Rapat Koordinasi Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Bank Indonesia, dan Otoritas Jasa Keuangan (Rakorpusda) pada 29 Agustus 2018 di Yogyakarta. Pada kesempatan tersebut, salah satu strategi kebijakan yang menjadi prioritas untuk sektor pariwisata adalah peningkatan aksesibilitas, keragaman atraksi, kualitas amenitas, didukung oleh penguatan promosi, dan peningkatan kapasitas pelaku pariwisata (3A2P) terutama untuk destinasi wisata prioritas.

Indonesia Investment Day adalah perwujudan program linkage Investor Relation Unit/IRU-Regional Investor Relation Unit/RIRU-Global Investor Relation Unit/GIRU yang merupakan upaya integrasi kegiatan hubungan investor di tingkat regional, nasional maupun internasional. Linkage IRU-RIRU-GIRU tersebut ditujukan untuk mensinergikan upaya dan peran kementerian/lembaga dan Bank Indonesia dalam mengelola persepsi positif terhadap ekonomi Indonesia untuk mendorong aliran investasi ke Indonesia, antara lain melalui kegiatan promosi terpadu. Kegiatan ini diharapkan dapat mendukung investasi dan perdagangan Indonesia dengan negara mitra yang semakin baik sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

Dalam event tersebut, Bank Indonesia juga mempromosikan produk-produk UMKM premium unggulan Indonesia melalui platform marketplace global dengan mekanisme Business to Business (B2B) dan Business to Consumer (B2C). Platform ini menghubungkan UMKM di Indonesia dengan komunitas pembeli dan penjual dunia. Hal ini diharapkan membuka kesempatan bagi UMKM untuk dikenal secara luas dan berdaya saing sehingga mengakselerasi produk UMKM ke skala yang lebih tinggi yaitu pasar internasional. Di tahap awal, terdapat 11 UMKM binaan Bank Indonesia yang terhubung dalam platform marketplace global tersebut, yaitu kopi, kain batik, tenun, songket, dan kerajinan tangan.

Sumber : Bank Indonesia

Belinda Kosasih/Coordinating Partner of Banking Business Services/Vibiz Consulting Group

Editor : Asido Situmorang

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here