Harga Soft Commodities Di Akhir Minggu Lalu Mixed

359

(Vibiznews – Commodity) – Harga soft commodities di akhir minggu lalu masih mixed, dengan kenaikan pada harga kakao dan gula produksi berkurang akibat cuaca yang kering dan ekspor yang baik dari kakao. Sedangkan pada gula produksi meningkat sehingga persediaan menjadi banyak.

Harga kopi Desember Naik 25 Sen menjadi $102.45 per pound.
Perkiraan produksi kopi Arabika Brazil dengan range diatas 60 juta kantong. Produksi kopi Robusta Vietnam diperkirakan diatas 30 juta kantong yang merupakan rekor baru.
Brazil cuaca kering dengan temperatur diatas normal. Daerah di Amerika Tengah dan Selatan Mexico dalam keadaan hujan yang baik dengan beberapa daerah perkebunan tanaman sedang berbunga namun di daerah yang kekeringan tanaman berbunga rusak. Di Vietnam curah hujan baik.

Analisa tehnikal pada kopi support pertama di $100 dan berikut ke $99 sedangkan resistant pertama di $105 dan berikut ke $107.

Harga kakao Desember turun 22 sen menjadi $2,259 perton.
Panen berlangsung lebih cepat di Afrika Barat dan di Ivory Coast produksinya tinggi. Demikian juga di Ghana dan Nigeria diperkirakan hasil panen membaik tahun ini. Kondisi di Afrika Timur dan Asia juga membaik.
Curah hujan yang sering di Afrika Barat dan disertai temperatur rata-rata normal dan dibawah normal. Malaysia dan Indonesia curah hujan juga sering dengan temperatur diatas normal. Brazil masih kering dan temperatur diatas normal.
Menurut ICE persediaan turun menjadi 4.424 juta kantong. Berkurangnya persediaan karena adanya penjualan – penjualan.
Analisa tehnikal Support pertama di $2,250 dan berikut ke $2,220 dengan resistant di $2,340 dan berikut ke $2,370.

Harga gula Oktober naik 21 sen menjadi $11.01 per pound.
Cuaca kering masih berlangsung di Brazil dengan temperatur diatas normal, sehingga tanaman tebu dapat rusak. Demikian juga dengan gula beet kekeringan masih berlangsung di negara Uni Eropa dan Rusia tapi di Ukraina curah hujan sudah baik. Berbeda dengan Brazil di Thailand dan India curah hujan sangat bagus.
Analisa tehnikal untuk gula support pertama di $10.80 dan berikut ke $10.50 sedangkan resistant di $11.90 berikut ke $12,20.

Loni T / Analyst Vibiz Research Centre – Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here