Inflasi Agustus Inggris Diluar Dugaan Naik Tertinggi 6 Bulan

429

(Vibiznews – Economy & Business) Inflasi Inggris melonjak tak terduga ke tertinggi enam bulan pada bulan Agustus, didorong oleh kenaikan musiman yang lebih besar dari biasanya dalam tarif laut dan udara dan harga tiket masuk teater yang lebih tinggi, data resmi menunjukkan pada hari Rabu (19/09).

Inflasi harga konsumen naik pada tingkat tahunan 2,7 persen pada Agustus, dibandingkan dengan 2,5 persen pada Juli, Kantor Statistik Nasional (ONS) Inggris mengatakan, di atas semua perkiraan dalam jajak pendapat ekonom Reuters yang telah menunjukkan penurunan ke 2,4 persen.

ONS juga mengatakan harga rumah Inggris naik pada tingkat tahunan terlemah dalam hampir lima tahun, terseret oleh penurunan terbesar dalam harga rumah London sejak 2009.

Angka-angka Rabu kemungkinan mengejutkan pejabat Bank of England yang bulan lalu menaikkan suku bunga untuk kedua kalinya sejak krisis keuangan dan mengisyaratkan hanya kenaikan bertahap dalam biaya pinjaman di tahun-tahun mendatang.

Pekan lalu BoE mengatakan pihaknya memperkirakan inflasi menjadi turun hingga 2,4 persen pada bulan Agustus.

Kenaikan inflasi pada bulan Agustus dapat menyajikan kemunduran untuk pemulihan sederhana dalam pertumbuhan upah riil yang telah membantu mendukung pertumbuhan ekonomi tahun ini.

Jatuhnya nilai pound pada bulan Agustus di tengah kekhawatiran baru tentang Brexit merampas konsumen dari manfaat penurunan harga minyak secara tahunan, angka ONS menunjukkan.

Inggris dalam posisi lemah jika tidak siap untuk pergi tanpa kesepakatan, kata mantan Gubernur BOE Inggris tidak siap untuk pergi tanpa kesepakatan, yang meninggalkannya dalam posisi lemah, kata mantan Gubernur BOE

BoE mengharapkan inflasi akan melayang ke tepat di atas target 2 persen dalam waktu dua tahun karena secara bertahap meningkatkan biaya pinjaman.

Inflasi harga konsumen mencapai tertinggi lima tahun 3,1 persen pada November, ketika efek inflasi dari pound jatuh setelah suara Brexit pada Juni 2016 mencapai puncaknya.

ONS mengatakan harga rumah pada bulan Juli naik 3,1 persen tahunan di seluruh Inggris Raya secara keseluruhan dibandingkan dengan 3,2 persen pada Juni – kenaikan terlemah sejak Agustus 2013.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here