Optimisme Bisnis Jerman Bulan September Stabil

490

(Vibiznews – Economy & Business) Optimisme bisnis Jerman tetap stabil pada bulan September, ditopang oleh belanja konsumen dan konstruksi, demikian survei Ifo menunjukkan.

Indeks iklim bisnis lembaga ekonomi Ifo yang berbasis di Munich turun ke 103,7 pada hari Senin dari direvisi 103,9 pada bulan Agustus. Itu mengalahkan perkiraan konsensus Reuters 103,2.

“Meskipun ketidakpastian tumbuh, ekonomi Jerman tetap kuat,” kata kepala Ifo Clemens Fuest, menunjuk pada peningkatan sentimen dalam ritel dan pembacaan rekor tertinggi dalam industri bangunan.

Tetapi indeks manufaktur turun dan perusahaan-perusahaan menurunkan sedikit harapan mereka secara keseluruhan, menunjukkan pertentangan perdagangan yang berkembang antara Washington dan Beijing membebani eksportir.

Prospek pertumbuhan juga diselimuti oleh kebuntuan dalam negosiasi Inggris dengan mitra Uni Eropa mengenai kondisi kepergiannya dari blok Eropa Maret mendatang.

Menteri Ekonomi Peter Altmaier mengatakan ekonomi kemungkinan akan tumbuh sekitar 2 persen tahun ini. Itu akan kurang dari perkiraan pemerintah sebesar 2,3 persen dan tingkat pertumbuhan yang disesuaikan dengan kalender sebesar 2,5 persen yang dicapai tahun lalu.

Sebagai momentum dalam ekspor, mesin pertumbuhan tradisionalnya melambat, belanja dan konstruksi rumah tangga telah menjadi pendorong yang semakin penting bagi ekonomi terbesar Eropa.

Pengangguran berada pada rekor terendah dan konsumen Jerman menuai keuntungan dari kenaikan upah riil dan kredit murah karena kebijakan moneter ekspansif zona Eropa.

Survei Ifo menunjukkan sentimen bisnis meningkat di semua sektor selain manufaktur.

Angka Ifo menorehkan survei di antara manajer pembelian yang diterbitkan pekan lalu yang menunjukkan pertumbuhan sektor swasta melambat pada bulan September karena lonjakan aktivitas jasa tidak cukup untuk mengimbangi perlambatan tajam dalam manufaktur.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here