Harga Emas dan Perak Sedikit Naik Saat Fokus Pada FOMC

498

(Vibiznews-Commodity) Harga emas dan perak naik sedikit pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat hari Selasa kemarin. Pasar metal berharga dan banyak pasar lainnya berada pada pola bertahan menjelang pertemuan  Federal Reserve’s Open Market Committee (FOMC). Melemahnya indeks dolar AS kemarin memicu sedikit minat beli pada metal.

Tidak adanya keputusan yang dapat diambil menjelang pertemuan dari FOMC, bergejolaknya medan perdagangan AS vs Kanada dan sentimen yang meningkat berkisar pada hal yang berhubungan dengan resiko, semua hal ini memberikan tekanan terhadap dolar AS pada hari Selasa kemarin, meskipun area 94.00 kelihatannya dalam kondisi baik untuk sementara waktu ini.

Emas berjangka bulan Desember diperdagangkan terakhir naik $1.10 per ons pada $1,205.60. Perak Comex Desember terakhir naik $0.014 pada $14.335 per ons.

Pertemuan FOMC dua hari dimulai pada hari Selasa pagi dan berakhir pada hari Rabu sore dengan mengeluarkan suatu pernyataan.  FOMC diperkirakan akan sedikit menaikkan tingkat bunga AS pada pertemuan ini. Gubernur Federal Reserve Jerome Powell juga akan mengadakan konferensi pers setelah pertemuan selesai. Sebagaimana biasanya, pasar akan menguraikan perkataan dari Federal Reserve untuk mendapatkan petunjuk mengenai kecepatan dari kenaikan tingkat bunga Federal Reserve pada masa yang akan datang dan perkiraan inflasi daripada Fed.

Pasar saham dunia bercampur dan kebanyakan menguat semalam. Indeks saham AS mengarah ke posisi yang lebih kuat ketika sesi New York dimulai. Ada kekuatiran yang menaungi bahwa perang dagang AS dengan Cina akan meningkat ke tingkat yang merusak perdagangan dunia. Sementara, Presiden Trump sedang melakukan negosiasi bilateral dengan negara Asia lainnya dan telah menandatangani persetujuan dengan Korea Selatan.

Secara tehnikal, $1200 merupakan level psikologis yang menjadi “support” awal sebelum berhadapan dengan $1191 (kerendahan pada tanggal 24 September) dan $1183 (kerendahan pada tanggal 24 Agustus. Dengan arah naik, “resistan” bisa dilihat pada $1204 (ketinggian pada tanggal 24 September), $1210 (ketinggian tanggal 21 September) dan $1217 (ketinggian 10 Agustus)

Ricky Ferlianto/VBN/Head of III, Vibiz Consulting Group

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here