Alasan Tutupnya Bursa Amerika, Jepang dan Canada Hari Ini

376

(Vibiznews – Index) – Pekan lalu merupakan pekan yang sibuk bagi pasar keuangan internasional dengan banyak momentum yang mempengaruhi sentimen pasar, baik dari laporan data ekonomi makro negara-negara penggerak maupun kejadian politik dan ekonomi di beberapa negara penggerak.

Bagimana dengan perdagangan bursa internasional pekan ini, hari pertama pekan ini beberapa bursa negara penggerak utama tutup oleh karena libur nasional negara tersebut. Negara yang bursanya libur seperti Amerika Serikat, Jepang dan Canada.

Bursa di Amerika Serikat libur oleh karena libur “Columbus Day”, publik setempat  memperingati ditemukannya benua Amerika oleh Christopher Columbus dan menginjakkan kakinya tepat pada tanggal 12 Oktober 1492. Biasanya diperingati hari Senin pekan kedua bulan Oktober.

Bursa di Jepang libur oleh karena libur “Health-Sports Day”, dalam bahasa Jepang biasa disebut Taiiku no hi yang ditetapkan oleh Pemerintah Jepang sebagai harinya berolahraga.  Biasanya sekolah-sekolah maupun perusahaan maupun berbagai komunitas mengadakan Undoukai yang  berupa perlombaan alias olimpiade mini dengan menampilkan berbagai lomba seperti lari, lompat, permainan bola tangan, dan lomba-lomba olahraga permainan lain menyesuaikan kelompok umur dari peserta tentunya.

Di Canada bursa libur karena hari Thanksgiving, yang merupakan hari libur tahunan Kanada pada hari Senin kedua bulan Oktober. Libur ini merayakan panen dan berkah lainnya dan secara resmi dirayakan sebagai liburan tahunan di Kanada sejak 6 November 1879.

Melihat pergerakan bursa saham ketiga negara perdagangan sebelum hari libur ini, bursa saham Amerika Serikat pekan lalu ditutup dengan mayoritas indeks masuk zona merah. Demikian juga dengan bursa Jepang, akhir pekan lalu indeks Nikkei ditutup dengan pelemahan yang cukup signifikan. Berbeda dengan bursa saham Canada ditutup menguat.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here