Karena Saham anjlok, Investor Global Jadi takut Beli Emas

278

(Vibiznews – Commodity) – Harga emas sedang turun banyak hingga lebih dari 1 persen hingga sesi malam saat bursa Amerika Serikat libur , dikarenakan para investor mencari perlindungan dalam dolar disaat perdagangan saham sesi Asia dan Eropa ambruk. Dolar AS jadi pilihan  didorong oleh data ekonomi AS yang kuat memperkuat ekspektasi kenaikan suku bunga lebih lanjut.

Terpantau harga spot emas LLG turun 1,31 persen pada $ 1,184.91 per ounce. Sedangkan harga emas berjangka AS turun 1,1 persen menjadi $ 1,192.30 per ounce. Dolar AS yang kuat dan ekspektasi kenaikan suku bunga mendorong emas turun dan  menakut-nakuti investor emas.

Investor tidak yakin tentang membeli emas karena tidak dapat menembus di atas $ 1.210 yang merupakan resistensi yang kuat. Harga emas telah jatuh lebih dari 12 persen dari puncaknya pada bulan April sebagian besar karena kekuatan dolar, yang mencerminkan ekonomi AS yang dinamis, meningkatnya suku bunga AS dan kekhawatiran perang perdagangan global.

Dolar yang lebih kuat membuat emas dalam denominasi dolar lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya. Pasar saham global jatuh karena kepercayaan investor terpukul dari lonjakan minggu lalu dalam hasil Treasury AS dan kekhawatiran tentang sengketa perdagangan AS-Cina.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here