Emas Dunia Senin Stabil dalam Koreksi Dollar, Emas Antam Bertahan di Rp684.000 per gram

540

(Vibiznews – Commodity) – Harga emas dunia terpantau stabil agak terkoreksi pada perdagangan awal pekan Senin siang (22/10) WIB, setelah sempat berada di level 2,5 bulan tertingginya minggu lalu karena dolar yang tertekan dan kekhawatiran pasar atas meningkatnya ketegangan politik yang memperlambat pertumbuhan ekonomi global, dimana itu memberikan dukungan kepada harga logam mulia.

Spot emas stabil agak turun 0,1 persen ke level $1,223.40 per ons pada Senin menjelang sore WIB. Pada 15 Oktober, harga bullion terpantau menyentuh posisi tertingginya sejak 26 Juli di $1,233.26. Emas berjangka AS naik 0,2 persen menjadi $1.231 per ounce.

Indeks dollar, yang mengukur dollar terhadap keranjang enam mata uang saingan utamanya, siang hari WIB ini tertekan ke level 95,62 dibandingkan level penutupan sesi sebelumnya di 95,66 juga.

Analis pasar menyebutkan bahwa telah terlihat indikasi yang baik untuk pemulihan harga emas. Di antaranya adalah perlambatan ekonomi global dan ketidakpastian geopolitik, serta juga ada sentimen mengamankan risiko. Diperkirakan juga emas bisa rebound menembus $1.300, jika tensi pasar meningkat.

Prospek pertumbuhan global pada 2019 telah meredup untuk pertama kalinya, demikian menurut jajak pendapat ekonom Reuters, yang menyatakan perang dagang AS-China dan pengetatan kondisi keuangan akan memicu penurunan berikutnya.

Sementara itu, kekhawatiran geo-politik, termasuk ketegangan antara Arab Saudi dan Barat atas pembunuhan wartawan Jamal Khashoggi, perkembangan terkait Brexit, dan polemik anggaran Italia membuat investor lebih tertarik pada emas. Emas dipandang sebagai penyimpan nilai yang aman selama ada ketidakpastian politik dan ekonomi.

Sementara itu, analis Vibiznews melihat bahwa spot emas dunia secara umum masuk dalam rentang konsolidasi baru di atas $1,1215, setelah dalam konsolidasi rendah selama dua bulan dan sebelumnya lagi dalam downtrend dari awal April, sedangkan dollar tampak terkoreksi penguatan mata uang euro. Harga emas, kalau terdongkrak ke atas akan menuju ke level resistant $1.232,83 dan level $1.234,77. Sedangkan, bila tertekan, akan menuju level support di $1.180,32 dan $1.159,79.

Di dalam negeri, harga emas ANTAM terpantau stabil di level harga Rp684.000 per gramnya, dibandingkan harga pada Jumat kemarin di Rp684.000.

 

Alfred Pakasi/VBN/MP Vibiz Consulting Group

Editor: Asido

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here