Harga Minyak Jatuh; Peningkatan Ekspor Timur Tengah dan Produksi AS Menekan

406

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak jatuh pada Selasa setelah Arab Saudi mengatakan akan memainkan peran yang bertanggung jawab di pasar energi, meskipun sentimen tetap membingungkan menjelang sanksi baru AS terhadap ekspor minyak mentah Iran yang dimulai bulan depan.

Harga minyak mentah berjangka AS turun $ 1,40 atau 2,02 persen pada $ 67,96.

Benchmark Brent crude oil turun $ 1,94 atau 2,43 persen di $ 77.94.

Sanksi AS terhadap minyak Iran dimulai pada 4 November, dan Washington mengatakan ingin menghentikan semua ekspor bahan bakar Teheran.

Arab Saudi mengatakan akan mempertahankan pasar yang dipasok meskipun adanya kasus pembunuhan jurnalis Saudi, Jamal Khashoggi, dan ada tanda-tanda bahwa ekspor minyak mentah dari Timur Tengah meningkat.

Ada kekhawatiran bahwa Arab Saudi mungkin akan mengurangi pasokan minyak mentah sebagai pembalasan atas potensi sanksi terhadapnya atas kasus Khashoggi.

Menteri Energi Saudi Khalid al-Falih mengatakan pada hari Senin bahwa tidak ada niat untuk melakukan itu, dan bahwa Arab Saudi akan memainkan peran yang konstruktif dan bertanggung jawab di pasar energi dunia.

Analis mengatakan akan merusak diri Arab Saudi sendiri untuk memangkas pasokan minyak karena akan berisiko kehilangan pangsa pasar untuk eksportir lain sementara kehilangan reputasinya sebagai pelaku yang stabil di pasar.

Impor minyak mentah Korea Selatan dari Iran jatuh ke nol pada bulan September, data dari National Oil Corp milik negara Korea menunjukkan pada hari Selasa.

Produksi minyak mentah AS telah meningkat hampir sepertiga sejak pertengahan 2016 menjadi sekitar 11 juta barel per hari, dan semakin meningkatnya aktivitas pengeboran.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak akan bergerak turun dengan kekuatiran pasar akan peningkatan ekspor Timur Tengah dan peningkatan produksi AS. Harga minyak diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 67,50-$ 67,00, dan jika naik akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 68,50-$ 69,00.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here