Survey Konsultan Internasional; Indonesia Peringkat Teratas Merek Bangsa Paling Berharga di Asia Tenggara

633

(Vibizews – Economy) – Nama “Indonesia” disebutkan menduduki peringkat teratas sebagai merek bangsa paling berharga (most valuable nation brands) di Asia Tenggara, demikian rilis terbaru dari Brand Finance di London. Di level global, Indonesia pun masuk sebagai Top 20, jauh di atas negara-negara tetangga seperti Singapura, Filipina, Malaysia yang masing-masing berada di peringkat 28, 29, dan 30.

Brand Finance, adalah perusahaan konsultan penilai brand dan strategi bisnis independen terkemuka di dunia ini yang berdiri sejak 1996, dan telah hadir di lebih dari 20 negara. Konsultan tersebut baru-baru ini merilis laporan tahunannya tentang 100 merek negara paling berharga di dunia (The World’s 100 Leading Nation Brands). Merek nasional suatu negara dievaluasi berdasarkan keadaan di negaranya dan ekonomi secara keseluruhan dengan mempertimbangkan berbagai faktor sosio-ekonomi, demikian dikutip dari rilis seasia (19/10).

Merek nasional yang kuat menunjukkan lingkungan yang sangat menarik untuk investasi, mendorong investasi masuk, meningkatkan nilai ekspor, dan menarik wisatawan, serta juga tenaga kerja terampil masuk.

Untuk peringkat Top 10 di dunia, Brand Finance tidak melihat banyak perubahan peringkat, dengan AS, China, dan Jerman terus memimpin dalam hal nilai tertinggi brand.

Nilai brand Amerika dilaporkan telah melonjak sebesar 23 persen menjadi $25,9 triliun pada tahun ini, sebagai akibat dari penurunan tarif pajak dan lingkungan yang lebih ramah untuk bisnis, meskipun ada citra publik yang mungkin negatif terkena pada pemerintahan saat ini, menurut laporan tersebut.

Untuk kawasan Asia Tenggara, urutan merek bangsa paling berharga adalah:

  1. Indonesia (16), nilai merek 848 miliar dollar AS
  2. Singapura (28), nilai merek 530 miliar dollar AS
  3. Filipina (29), nilai merek 524 miliar dollar AS
  4. Malaysia (30), nilai merek 523 miliar dollar AS
  5. Thailand (31), nilai merek 509 miliar dollar AS
  6. Vietnam (43, nilai merek 235 miliar dollar AS
  7. Myanmar (73), nilai merek 52 miliar dollar AS

Pengakuan internasional ini diharapkan semakin menaikkan citra Indonesia sebagai Negara yang ramah investasi di kawasan Asia, dan semakin menarik sebagai tujuan wisata dunia dan penanaman investasi terkaitnya.

 

Alfred Pakasi/VBN/MP Vibiz Consulting Group

Editor: Asido

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here