Pertumbuhan Bisnis Jerman Oktober Terendah 3 Tahun

307

(Vibiznews – Economy & Business) Pertumbuhan bisnis Jerman bulan Oktober melambat ke level terendah dalam lebih dari tiga tahun karena pertumbuhan manufaktur dan jasa melambat, demikian survei menunjukkan pada hari Rabu (24/10), sebagai pertanda bahwa ekonomi terbesar Eropa ini memulai kuartal keempat pada pijakan yang lebih lemah.

Markit’s flash composite Purchasing Managers’ Index (PMI), yang melacak sektor manufaktur dan jasa yang bersama-sama mencapai lebih dari dua pertiga ekonomi, turun menjadi 52,7 dari 55,0 pada bulan sebelumnya.

Angka ini dibawah konsensus dalam jajak pendapat analis Reuters, yang memperkirakan penurunan menjadi 54,8. Itu adalah pembacaan terendah sejak Mei 2015, tetapi masih di atas 50 tanda yang memisahkan pertumbuhan dari kontraksi.

Pertumbuhan manufaktur melambat menjadi 52,3 pada Oktober karena produksi dan pesanan baru membukukan kenaikan terkecil sejak akhir 2014, survei menunjukkan. Sub-indeks untuk kegiatan bisnis dalam layanan menurun menjadi 53,6.

Survei menunjukkan bahwa ekonomi kemungkinan akan kehilangan dukungan setelah itu sudah melalui pada jalur lemah selama musim panas, terutama karena produksi yang lebih lambat di sektor otomotif terkait dengan kesulitan menyesuaikan dengan standar polusi baru.

Ekonom Markit, Chris Williamson mengatakan angka PMI mengisyaratkan perlambatan ekonomi dengan tingkat pertumbuhan triwulanan sekitar 0,3 persen pada kuartal keempat.

Ini akan dibandingkan dengan tingkat pertumbuhan triwulanan sebesar 0,4 persen dalam tiga bulan pertama tahun ini dan 0,5 persen dalam periode April-Juni.

Data pertumbuhan kuartal ketiga akan dirilis pada pertengahan November.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here