Bursa Eropa Bergerak Positif Pasca ECB Pertahankan Suku Bunga

715

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa bergerak positif Kamis (25/10), setelah Bank Sentral Eropa (ECB) mempertahankan suku bunga tidak berubah.

Indeks Stoxx 600 pan-Eropa naik sekitar 0,15 persen menyusul penurunan curam sesaat setelah bel pembukaan.

Di antara bursa utama, indeks CAC Prancis adalah pemain terbaik, naik lebih dari 1,4 persen. Indeks FTSE Inggris naik tipis 0,06 persen. Indeks DAX Jerman naik 0,40 persen.

Saham otomotif Eropa memimpin kenaikan Kamis sore, melompat 2,5 persen di tengah berita laba. Prancis PSA Peugeot Citroen adalah pemain sektoral atas setelah laba kuartalannya diterima dengan baik oleh investor. Saham dari saham yang terdaftar di Paris lebih dari 6 persen lebih tinggi.

Sementara itu, saham media tergelincir 2 persen. Sektor ini terseret lebih rendah oleh WPP, karena biro iklan terbesar di dunia memangkas prospek untuk tahun ini pada hari Kamis. Ini juga melaporkan penurunan tajam dalam perdagangan, mendorong saham ke penurunan lebih dari 16 persen.

Melihat di seluruh patokan Eropa, produsen Jerman Kion Group naik sebanyak 13 persen setelah melaporkan hasil kuartal ketiga. Puma juga diperdagangkan hampir 7 persen lebih tinggi setelah mengangkat panduan untuk tahun ini.

UBS juga melaporkan hasil yang lebih kuat dari perkiraan pada Kamis pagi didukung volume pinjaman yang lebih tinggi, serta pertumbuhan yang kuat dalam ekuitas dan perdagangan valuta asing. Saham 2,5 persen lebih tinggi.

Bank Sentral Eropa (ECB) tidak mengambil tindakan pada hari Kamis, meninggalkan suku bunga acuannya tidak berubah.

Suku bunga pada operasi refinancing utama, fasilitas pinjaman marjinal, dan fasilitas deposito masing-masing duduk di 0,00%, 0,25% dan -0,40%. Harapannya adalah bahwa tingkat ini tetap pada tingkat sekarang setidaknya melalui musim panas 2019.

Pembelian aset bersih oleh ECB duduk pada laju bulanan saat ini € 15 miliar hingga akhir Desember, ketika bank sentral mengatakan pembelian akan berhenti.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak positif pasca keputusan ECB tidak menaikkan suku bunga. Juga akan mencermati laporan pendapatan emiten dan pergerakan bursa Wall Street.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here