ECB Pertahankan Suku Bunga Tidak Berubah

628

(Vibiznews – Economy & Business) Bank Sentral Eropa (ECB) mempertahankan kebijakan suku bunganya tidak berubah seperti yang diperkirakan hari ini, Kamis (25/10) dan tetap berada di jalur untuk mengakhiri pembelian obligasi pada akhir Desember dan menaikkan suku bunganya setelah musim panas mendatang.

Dengan inflasi rebound dan pertumbuhan dalam jangka lima tahun, ECB telah menghapus stimulus untuk sebagian besar tahun ini.

Hal ini terjadi meskipun indikator pertumbuhan yang lebih baru muncul untuk menunjukkan bahwa ekspansi mulai kehabisan tenaga dan risiko terhadap prospek meningkat.

ECB juga tidak mengubah pedoman kebijakannya, yang pertama kali diformulasikan pada bulan Juni dan disimpan secara luas tidak berubah melalui beberapa pertemuan.

“Dewan Pengatur mengharapkan suku bunga utama ECB untuk tetap pada tingkat saat ini setidaknya sampai musim panas 2019, dan dalam hal apapun selama diperlukan,” demikian pernyataan ECB.

Perhatian pasar beralih ke konferensi pers Presiden ECB Mario Draghi, di mana ia kemungkinan akan membahas prospek ekonomi yang lebih luas dan akan dipertanyakan tentang persoalan anggaran Italia dengan Komisi Eropa.

Investor juga akan melihat apakah Draghi mempertahankan sikap jangka panjang ECB bahwa risiko pertumbuhan secara luas seimbang atau mengambil pandangan yang lebih dovish mengingat serangkaian data yang mengecewakan.

Dengan keputusan hari ini, suku bunga ECB pada deposito overnight bank, yang saat ini merupakan alat suku bunga utamanya, tetap di -0.4%.

Tingkat refinancing utama, yang menentukan biaya kredit dalam perekonomian, tetap tidak berubah pada 0% sementara tingkat pada fasilitas pinjaman marjinal – tingkat pinjaman darurat semalam untuk bank – tetap pada 0,25%.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here