EUR/USD Turun Di Bawah 1.1400 Karena Data PMI & Masalah Itali

411

(Vibiznews-Forex) Pasangan EUR/USD jatuh dibawah level 1.1400, karena Eropa tetap gelisah, setelah Uni Eropa menolak draft budget dari pemerintahan koalisi Eropa, dengan mengatakan bahwa target defisit dan perkiraan pertumbuhan yang terlalu optimis bisa menjadi ancaman yang serius terhadap stabilitas ekonomi Eropa. Itali punya tiga minggu untuk menyerahkan revisinya.

Hal yang menambah tekanan terhadap matauang bersama ini adalah PMI Markit pendahuluan bulan Oktober yang meleset dari yang diperkirakan, dengan hanya di Perancis yang angkanya positip. Sektor manufaktur dan jasa semua turun aktifitasnya sehingga menghasilkan PMI komposit Uni Eropa berada pada 52.7, tingkat pertumbuhan yang paling lambat dalam dua tahun, dipimpin oleh perlambatan ekspor dan pelemahan di dalam sektor jasa.

EUR/USD jatuh ke kerendahan yang baru selama dua bulan dan saat ini berada di 1.13980  dan tetap berada disekitar level tersebut dengan Wakil Perdana Menteri Itali Salvini tetap bertahan pada budgetnya sementara pertentangan dengan Uni Eropa berlanjut, selain itu PMI manufaktur Perancis dan Jerman jatuh dibawah daripada yang diperkirakan. Keengganan terhadap resiko mendorong USD naik.

Itali, negara dengan ekonomi nomor tiga di zona euro, memaksa memelihara budget yang defisit, lebih dari limit 2% yang diminta oleh Uni Eropa. Selain itu tanda-tanda perlambatan diseluruh kontinen juga membebani Euro.

Secara tehnikal, penurunan EUR/USD menghadapi “support” di 1.1375 yang apabila tertembus akan berhadapan dengan “support” selanjutnya pada 1.1330 dan terakhir di 1.1300. Sebaliknya pergerakan naik akan menghadapi “resistan” pertama pada 1.1430 yang apabila tertembus akan berhadapan dengan “resistan” selanjutnya pada 1.1470 dan terakhir di 1.1510.

Ricky Ferlianto/VBN/Head of III, Vibiz Consulting Group

Editor: Asido

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here