Kepercayaan Bisnis Jerman Oktober Merosot

625

(Vibiznews – Economy & Business) Kepercayaan bisnis Jerman jatuh pada Oktober, karena meningkatnya ketegangan geopolitik mendorong pesimisme lintas sektor tentang tahun depan.

Bisnis manufaktur secara khusus kurang optimis tentang masa depan. Penilaian mereka terhadap iklim bisnis saat ini turun ke level terendah sejak Maret 2017, dan mereka melaporkan pesanan yang masuk telah memperpanjang penurunan mereka.

Sementara para eksekutif di sektor jasa juga semakin pesimis tentang iklim bisnis saat ini, mereka lebih berharap tentang masa depan.

Indeks iklim bisnis Ifo Institute turun menjadi 102,8, di bawah ekspektasi ekonom yang disurvei oleh Reuters untuk pembacaan 103 dan angka 103,7 September.

“Ketidakpastian global yang semakin meningkat semakin mempengaruhi perekonomian Jerman,” kata Clemens Fuest, presiden institut tersebut.

Penurunan ini mengikuti penurunan yang dilaporkan pada hari Rabu di indeks pembelian manajer, indikator lain sentimen bisnis Jerman, yang jatuh ke terendah 41-bulan. Indeks pembelian manajer gabungan Jerman mencatat penurunan yang jauh lebih tajam dari yang diperkirakan analis, karena bisnis di kedua sektor jasa dan manufaktur mengkhawatirkan tahun depan.

Sementara sentimen menurun di seluruh manufaktur dan jasa pada bulan Oktober, optimisme bisnis tentang prospek di sektor konstruksi mencapai rekor tertinggi.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here