Saham Amazon Merosot 10 Persen; Prospek Pendapatan Q4 Menjauhi Ekspektasi

1141

(Vibiznews – Index) Laba kuartal ketiga Amazon mengalahkan perkiraan Wall Street, tetapi pendapatan dan prospek kuartal keempat jatuh jauh dari perkiraan, menyebabkan saham untuk terjun dalam perdagangan tambahan.

Berikut adalah angka-angka penting untuk Amazon :

EPS: $ 5,75 vs $ 3,14 diperkirakan, menurut Refinitiv

Pendapatan: $ 56,6 miliar vs $ 57,10 miliar diperkirakan, menurut Refinitiv

Pendapatan AWS: $ 6,68 miliar vs $ 6,71 miliar diperkirakan, menurut FactSet

Perusahaan memberikan proyeksi pendapatan kuartal keempat di kisaran $ 66,5 miliar dan $ 72,5 miliar, jauh di bawah konsensus $ 73,79 miliar. Kuartal keempat adalah periode penjualan terbesar dan terpenting untuk Amazon karena liburan.

Saham Amazon jatuh 10 persen dalam perdagangan premarket Jumat menjadi $ 1.600 per saham. Pada tingkat ini, itu akan menjadi penurunan terbesar saham sejak penurunan 11 persen pada Januari 2014.

Hasilnya menunjukkan bagaimana Amazon bisa mengalami musim liburan yang mengecewakan di kuartal keempatnya yang sangat penting, karena bisnis secara keseluruhan mengalami sedikit perlambatan pertumbuhan. Pada saat yang sama, ini menyoroti pertumbuhan bisnis high-margin Amazon, seperti cloud dan unit iklannya, yang lebih menguntungkan daripada segmen ritel intinya.

Proyeksi pendapatan operasional kuartal keempatnya sebesar $ 2,1 miliar hingga $ 3,6 miliar juga di bawah ekspektasi Wall Street sebesar $ 3,9 miliar. Amazon mengatakan kenaikan upah yang diumumkan awal bulan ini dimasukkan ke dalam proyeksi, tetapi menolak untuk mengukur dampaknya.

Total pendapatan meningkat 29 persen dari tahun lalu. Penjualan Amerika Utara adalah $ 34,3 miliar, naik 35 persen dari tahun lalu, sementara penjualan internasional hanya tumbuh 13 persen menjadi $ 15,5 miliar. AWS terus menunjukkan pertumbuhan yang kuat, melompat 46 persen dalam penjualan, meskipun itu nyaris meleset dari ekspektasi. Kategori “lain-lain” Amazon, yang sebagian besar terdiri dari bisnis periklanannya yang sedang berkembang, melonjak 123 persen menjadi $ 2,5 miliar dalam pendapatan.

Pendapatan bersih tumbuh lebih dari 10 kali dari periode tahun lalu, ke rekor tertinggi $ 2,8 miliar, menandai kuartal keempat berturut-turut mencapai $ 1 miliar dalam laba. Penghasilan operasional $ 3,7 miliar jauh melebihi estimasi Street sebesar $ 2,1 miliar. Keuntungan yang melebar sebagian besar didorong oleh pertumbuhan bisnis high-margin Amazon, termasuk cloud, iklan dan layanan penjual pihak ketiga.

Dalam pernyataan CEO Amazon Jeff Bezos menyoroti pertumbuhan Bisnis Amazon, pasarnya untuk pelanggan bisnis.

“Amazon Business kini telah mencapai tingkat penjualan tahunan sebesar $ 10 miliar dan melayani jutaan organisasi sektor swasta dan publik di delapan negara,” kata Bezos dalam sebuah pernyataan seperti yang dilansir CNBC.

Laporan kuartalan Amazon terjadi di tengah aksi jual pasar yang lebih luas yang melihat saham teknologi lainnya terpukul dalam beberapa pekan terakhir. Saham Amazon naik sekitar 49 persen tahun ini.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here