Inflasi Oktober Zona Eropa Tertinggi Sejak Desember 2012

535

(Vibiznews – Economy & Business) Inflasi di zona Eropa mencapai 2,2 persen pada Oktober, laju tercepat sejak Desember 2012, di belakang lonjakan harga energi.

Inflasi secara tahunan dipercepat dari 2,1 persen pada bulan sebelumnya, menurut data dari Eurostat, biro statistik Komisi Eropa.

Harga energi naik 10,6 persen selama 12 bulan terakhir, yang mengarah ke kenaikan angka inflasi, kata Eurostat.

Sementara angka di atas target Bank Sentral Eropa hanya di bawah 2 persen, pembuat kebijakan moneter akan melihat melalui sosok utama sebagai tekanan harga yang mendasari tetap lemah.

Angka inflasi inti, yang menghapus perubahan dalam harga produk makanan dan energi yang lebih volatil, 1,1 persen – naik dari 0,9 persen, tetapi tidak setajam kenaikan seperti yang diperkirakan para analis. Ukuran inti dipandang sebagai indikator yang lebih baik dari tekanan inflasi jangka panjang.

Angka terpisah untuk pengangguran menunjukkan tingkat untuk kawasan euro adalah 8,1 persen pada September 2018, sejalan dengan angka Agustus, yang merupakan terendah selama hampir satu dekade.

Sementara pemulihan ekonomi zona Eropa telah menciptakan jutaan pekerjaan di seluruh blok, perbedaan regional tetap lebar. Di Jerman, tingkat pengangguran hanya 3,4 persen dibandingkan dengan 19 persen di Yunani dan 14,9 persen di Spanyol.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here