Harga Emas Rebound Dari Terendah 3 Minggu Seiring Pelemahan Dolar AS

612

(Vibiznews – Commodity) Emas naik pada hari Kamis, rebound dari level terendah tiga minggu yang disentuh di sesi sebelumnya karena penurunan dolarAS.

Setelah jatuh selama tiga hari, harga emas spot LLG naik 0,8 persen pada $ 1,223.08 per ons pada 1116 GMT. Logam mencapai titik terendah sejak 11 Oktober pada hari Rabu di $ 1,211.52 per ons.

Harga emas berjangka AS naik 0,8 persen pada $ 1,225.00 per ons.

Indeks dolar yang mengukur unit AS terhadap sekeranjang enam mata uang utama, turun 0,4 persen, jatuh dari level tertinggi 16 bulan di sesi sebelumnya di belakang kekuatan ekonomi AS yang berkelanjutan.

Saham global mengawali bulan baru di atas penguatan setelah bulan Oktober yang kacau, sementara sterling rally pada laporan bahwa Inggris dan Uni Eropa mendekati kesepakatan pasca-Brexit pada jasa keuangan.

Perhatian sekarang beralih ke pemilihan kongres AS pada 6 November, yang akan menentukan apakah Partai Republik atau Demokrat mengontrol Kongres AS, dengan beberapa memprediksi peningkatan volatilitas pasar pada hasil.

Data non-farm payrolls hari Jumat, indikator kunci dari kekuatan ekonomi AS, juga ditunggu untuk petunjuk lebih lanjut tentang laju kenaikan suku bunga Federal Reserve.

Sementara itu, permintaan emas global naik sedikit pada kuartal ketiga dari tahun sebelumnya karena pembelian kembali dari bank sentral dan konsumen ritel menyeimbangkan aliran besar dari dana yang diperdagangkan di bursa, World Gold Council mengatakan.

Di antara logam mulia lainnya, platinum naik 1,5 persen menjadi $ 848,50 per ons, setelah menyentuh tertinggi sejak 10 Juli di $ 85,90 pada awal sesi.

Perak naik 1,4 persen menjadi $ 14,41 per ons, sementara palladium turun 0,1 persen menjadi $ 1,076.96.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas berpotensi naik seiring melemahnya dolar AS. Harga emas diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $ 1,225-$ 1,227. Namun jika turun akan bergerak dalam kisaran Support $ 1,221-$ 1,219.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here