Bursa Wall Street Rebound; Data NFP AS Menjadi Perhatian

755

(Vibiznews – Index) Bursa Saham AS ditutup lebih tinggi pada hari Kamis, rebound dari penurunan tajam bulan lalu setelah komentar dari Presiden AS Donald Trump mengindikasikan potensi kemajuan dalam hubungan perdagangan AS-China.

Indeks Dow Jones Industrial Average naik 264,98 poin menjadi 25.380,74 karena DowDuPont mengungguli, membawa kenaikan tiga hari ke lebih dari 900 poin.

Indeks S & P 500 naik 1,1 persen menjadi 2,740.37, dengan material yang memimpin.

Indeks Nasdaq naik 1,8 persen menjadi 7.434,06 menjelang laporan laba kuartalan Apple.

Trump mengatakan dalam tweet Kamis bahwa dia memiliki “percakapan panjang dan sangat baik” dengan Presiden China Xi Jinping dalam perdagangan. Dia juga mengatakan pertemuan antara keduanya pada KTT G-20 mendatang sedang dijadwalkan.

Pergerakan Kamis terjadi setelah investor mengakhiri bulan Oktober yang bergejolak dengan keuntungan kuat. S & P 500 membukukan keuntungan back-to-back lebih dari 1 persen hingga akhir bulan lalu.

Tetapi meskipun rally baru-baru ini, Dow ditutup bulan lalu turun 5,1 persen, penurunan satu bulan terbesar sejak Januari 2016.

Indeks S & P 500 kehilangan 1,91 triliun dolar pada Oktober, menurut analis S & P Dow Jones. Kerugian tersebar luas di seluruh sektor industri. Oktober juga merupakan bulan terburuk untuk S & P 500 sejak September 2011.

Ekuitas terjual pada bulan lalu di tengah kekhawatiran tentang meningkatnya suku bunga dan ketegangan perdagangan AS-China, serta kekhawatiran bahwa pertumbuhan laba mungkin melambat.

Pada hari Kamis, sentimen terangkat oleh pendapatan yang lebih baik dari perkiraan dari DowDuPont. Saham DowDuPont naik 8,1 persen, kenaikan satu hari terbesar sejak 9 Desember 2015. Raksasa teknologi Apple dijadwalkan untuk melaporkan laba setelah bel Kamis. Saham perusahaan naik 1,5 persen.

Secara keseluruhan, pendapatan perusahaan sebagian besar lebih baik dari yang diharapkan musim ini. Data FactSet menunjukkan 76,9 persen dari perusahaan S & P 500 yang telah melaporkan telah melampaui ekspektasi analis untuk kalender laba kuartal ketiga.

Dalam data ekonomi, klaim pengangguran mingguan AS awal turun menjadi 214.000 minggu lalu sementara klaim yang berlanjut tetap pada level terendah sejak 1973. Data datang menjelang laporan pekerjaan bulanan, yang akan dirilis Jumat.

Malam nanti akan dirilis data Non Farm Payrolls Oktober AS yang diindikasikan meningkat.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa saham AS akan bergerak naik jika data Non Farm Payrolls Oktober AS terealisir meningkat. Harapan positif pembicaraan perdagangan AS-China juga memberikan sentimen positif.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here