Bursa Saham Asia Awal Pekan Merah Semua

443

(Vibiznews – Index) – Bursa saham Asia mengawali perdagangan pekan ini di sesi Asia hari Senin (05/11) masuk dalam zona merah hampir semua indeks utamanya sekalipun ada yang sempat dibuka positif. Investor  berhati-hati terhadap prospek pertumbuhan global disaat  Presiden China Xi Jinping mencoba memposisikan China sebagai juara globalisasi dalam pidato utamanya pada event China International Import Expo.

Pidato pembukaan Xi Jinping tersebut  berusaha untuk mempromosikan ekonomi China  sebagai konsumen utama barang global. Acara tersebut, diumumkan lebih dari setahun yang lalu dan akan bertentangan dengan pertarungan dagang yang sedang berlangsung antara Beijing dan Washington.

Di bursa saham Jepang, Nikkei 225 turun 1,16 persen  dengan  indeks Topix turun 0,76 persen. Indeks Kospi Korea Selatan juga alami penurunan 1,61 persen. Demikian juga dengan bursa saham China  diperdagangkan rendah dengan indeks Komposit Shanghai turun 0,65 persen sementara komposit Shenzhen diperdagangkan flat dan di Hong Kong indeks Hang Seng turun 2,11 persen.

Buruknya perdagangan saham China membuat indeks ASX 200 Australia terpukul dengan penurunan 0,36%, yang ditekan oleh saham sektor energi turun 0,9 persen karena stok minyak sebagian besar dijual.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here