Harga Emas LLG Masih Merah Meski Dolar Sedang Tertekan

273

(Vibiznews – Commodity) – Perdagangan komoditi internasional di sesi Amerika hari Senin (05/11) harga emas masih lemah melanjutkan aksi profit taking akhir pekan lalu  sekalipun posisi dolar AS sedang tertekan. Sentimen pemilihan paruh waktu AS minggu ini membuat pasar juga berhati-hati.

Harga spot emas atau LLG turun 0,17 persen pada $ 1,228.10 per ounce, sementara harga emas berjangka AS hanya di bawah titik impas pada $ 1,233.20 per ounce. Hedge fund dan manajer forex meningkatkan posisi jual bersih mereka dalam emas dengan 18.723 kontrak menjadi 45.622 kontrak dalam seminggu hingga 30 Oktober, menurut data Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas AS.

Investor terus memantau pemilihan paruh waktu AS yang dapat memicu minat emas sebagai lindung nilai terhadap perdagangan aset risiko jika hasilnya memicu volatilitas di pasar keuangan yang lebih luas.

Update pemihan anggota kongres AS, jajak pendapat menunjukkan peluang kuat bahwa Partai Demokrat dapat memenangkan kendali Kongres dalam pemilihan pada hari Selasa setelah dua tahun tidak menggunakan kekuatan politik praktis di Washington, dengan Partai Republik cenderung mempertahankan Senat.

Harga emas turun lebih dari 5 persen tahun ini, dengan investor beralih ke dolar sebagai tempat berlindung dari risiko pasca  perang perdagangan AS dengan China, dan karena suku bunga AS yang lebih tinggi menawarkan imbal hasil yang lebih menarik daripada logam yang tidak menghasilkan.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here