Kondisi Politik AS dan Eropa Pengaruhi Keuntungan Bursa Eropa

472

(Vibiznews – Index)-  Perdagangan saham kawasan Eropa  di buka mixed pada hari Selasa (06/11), dengan investor membuat langkah berhati-hati menyikapi  peristiwa ekonomi dan politik utama di AS dan juga zona euro.

Selain rilis data ekonomi, laporan laba perusahaan cenderung memberikan beberapa arahan bagi semua indeks saham utama. Indeks Pan-Eropa Stoxx 600 naik 0,12 persen dan semua indeks utama dibuka lebih tinggi.

Indeks bursa saham Inggris FTSE 100 tergelincir ke wilayah negatif sebesar 5 poin setelah pembukaan lebih tinggi; namun perdagangan saham Jerman indeks DAX naik 24 poin ke 11.518; demikian juga dengan perdagangan saham di Perancis dengan indeks  CAC 40 naik 2 poin pada 5.103.

Untuk sektor saham yang memberikan kekuatan, saham  sektor Industri memimpin penguatan dengan naik hampir 0,5 persen, yang kemudian diikuti oleh saham sektor bahan Kimia dan Media. Sementara itu, saham sektor  ritel turun paling banyak, dengan sektor ini menjadi top looser.

Investor sedang mengamati kondisi politik di Eropa yaitu Brexit dan politik Italia.  Perdana Menteri Theresa May akan mengadakan pertemuan Brexit dengan kabinetnya dan dia kemungkinan akan menekan Brexiteers untuk menyerahkan tanah untuk memastikan kesepakatan tercapai dengan Uni Eropa. Sementara itu, menteri keuangan zona euro terus menekan Italia untuk mengajukan anggaran baru ke Komisi Eropa dan mengakhiri kebuntuan saat ini atas rencana pengeluaran negara mereka sebelumnya.

Kemudian pada sesi Amerika pasar akan memperhatikan pelaksanaan pemilihan anggota DPR AS dan juga senatnya, dimana menurut jajak pendapat terbaru, Partai Demokrat memiliki peluang bagus untuk mencuri posisi Partai Republik di Kongres, dan jika demikian terjadi dolar bisa mengalami kemunduran besar dan begitu pula pasar ekuitas AS.

Sebagai informasi, perdagangan sebelumnya bursa Eropa ditutup mixed dengan indeks DAX Jerman turun 0,21% dan indeks CAC 40 Perancis turun 0,02%, sedangkan FTSE 100 dari Inggris naik 0,14%.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here