Dolar AS Jajali Posisi 17 Bulan Tertinggi

328

(Vibiznews – Forex) – Setelah sempat diberitakan kehabisan tenaga untuk rally, posisi dolar AS sesi Eropa hari Senin (12/11) justru melanjutkan rallynya yang sudah berlangsung 2 hari perdagangan sebelumnya hingga mencapai posisi tinggi 17 bulan. Kekuatan dolar didapat dari sentimen kebijakan Federal Reserve yang terus mengetatkan kebijakannya sampai dengan tahun depan.

Selain itu Fed juga diperkirakan akan menaikkan suku bunganya pada pertemuan FOMC bulan Desember setelah tahun ini sebanyak 3 kali menaikkan Fed rate tersebut. Kekuatan berikutnya juga datang dari sentimen safe haven oleh permasalahan global yang masih berlangsung sehingga pasar memburu dolar AS.

Pemburuan akan dolar terjadi kekhawatiran pasar akan kelanjutan krisis dagang AS-China, ketegangan Brexit serta permasalahan anggaran Italia yang tidak disetujui oleh Komisi Eropa.

Indeks dolar yang menunjukan kekuatan dolar AS terhadap 6 rival utamanya awali sesi Asia pada posisi 97.05 dan sempat naik  ke posisi tertinggi 17 bulan di 97.58. Namun kini kembali konsolidasi oleh liburnya  pasar Amerika.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here