Harga Minyak Sempat Naik Karena Pengumuman Arab Saudi

329

(Vibiznews – Commodity) – Harga minyak mentah dunia yang terpantau di bursa komoditas internasional sesi Eropa hari Senin (12/11) sedang konsolidasi setelah sempat pada sesi Asia rebound kuat dari posisi harga terburuk 9 bulan. Kenaikan harga minyak tersebut mendapat sentimen pengumuman eksportir utama Arab Saudi yang akan memangkas pasokan pada bulan Desember dan produsen lainnya juga mempertimbangkan pengurangan menuju 2019.

Arab Saudi yang merupakan pemimpin de facto Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) berencana untuk mengurangi pasokan minyak ke pasar dunia dengan 500.000 barel per hari (bpd) pada bulan Desember karena negara itu menghadapi prospek yang tidak pasti dalam mendapatkan produsen lain untuk menyetujui pemotongan output terkoordinasi.

Terpantau harga patokan minyak mentah dunia yaitu jenis Brent naik  94 sen per barel  atau 1,34 persen  di $ 71,25  dan harga minyak mentah WTI AS naik 42 sen  atau 0,70 persen menjadi $60.52 per barel.

Untuk perdagangan selanjutnya, analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah masih bisa bergelombang oleh posisi teknikal di area oversold.  Sehingga harga minyak dapat saja turun kembali ke posisi terburuk awal pekan lalu dibawah kisaran $60.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here