Bursa Eropa 13 November Bergerak Naik Mengabaikan Kemunduran Wall Street

518

(Vibiznews – Index) Pasar Saham Eropa dibuka lebih tinggi pada hari Selasa (13/11), mengabaikan kemunduran pasar saham di Amerika Serikat.

Indeks Stoxx 600 Eropa bergerak naik 0,48 persen, dengan sebagian besar bursa dan sektor di wilayah positif.

Indeks DAX Jerman menguat 0,75 persen. Indeks FTSE Inggris naik 0,29 persen. Indeks CAC Perancis meningkat 0,43 persen.

Telecoms adalah saham berkinerja terbaik selama transaksi pagi, dengan Vodafone menjadi pemenang teratas setelah rilis hasil-hasilnya. Perusahaan membukukan kerugian 7,8 miliar euro ($ 8,76 miliar) dalam enam bulan pertama tahun ini, tetapi saham naik 5,9 persen karena Chief Executive Nick Read berjanji untuk mengurangi biaya operasional sebesar 1,2 miliar euro pada 2021 dan meninjau aset menara dalam rangka untuk mendorong hasil yang lebih tinggi.

Dalam berita perusahaan lainnya yang mempengaruhi sektor ini, CEO Telecom Italia Amos Genish dilaporkan telah dilepaskan dari kekuatan eksekutifnya menyusul pergumulan yang bertahan lama antara dua pemegang saham utamanya, Vivendi dan Elliott Management. Per Reuters, kekuasaan eksekutif Genish telah ditransfer ke Ketua TIM Fulvio Conti secara sementara.

Dalam saham individu, firma perawatan kesehatan BTG melonjak ke puncak patokan pan-Eropa setelah melaporkan peningkatan laba sebelum pajak pertama dan peningkatan dalam proyeksi penghasilan. Harga saham perusahaan naik lebih dari 14 persen.

Saham di Amerika Serikat terpukul oleh saham Apple. Salah satu pemasok Apple – Lumentum Holdings – mengatakan bahwa salah satu pelanggan terbesarnya telah meminta untuk mengurangi pengiriman untuk produknya. Dua pemasok Apple lainnya mengeluarkan peringatan yang menunjukkan kelemahan dalam penjualan iPhone. Hal ini memicu ketakutan di sektor teknologi dan juga mengurangi sentimen di perdagangan Asia.

Investor terus mengawasi harga minyak, setelah komentar baru dari Presiden AS Donald Trump. Dia mengatakan bahwa kelompok produsen minyak OPEC seharusnya tidak memotong pasokan untuk menopang pasar. Harga minyak turun sekitar 1 persen pada hari Selasa.

Di Eropa, Brexit dan Italia terus menjadi isu utama bagi investor.

Perdana Menteri Inggris Theresa May mengatakan pada hari Senin bahwa negosiasi sedang mencapai “endgame” tetapi masih ada perbedaan besar untuk diperbaiki.

Roma memiliki hingga akhir Selasa untuk mengajukan rencana anggaran baru untuk 2019 ke Komisi Eropa, setelah yang terakhir mengatakan rencana awal tidak sejalan dengan komitmen sebelumnya.

Sementara itu, Banca Carige dari Italia mengatakan bahwa bank-bank dan investor swasta terbesar di negara itu akan masuk untuk meningkatkan posisi modalnya hingga 400 juta euro ($ 451 juta) untuk memenuhi tenggat waktu akhir tahun oleh Bank Sentral Eropa.

Dalam hal penghasilan, Vodafone, EDF, dan Innogy akan melaporkan laba perusahaan.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here