Harga Emas Naik Di Atas $1200 Sementara Pasar Saham AS Turun

347

(Vibiznews-Commodity) Setelah turun ke kerendahan $1197, harga emas naik secara moderat dan diperdagangkan pada ketinggian harian diatas batas kritikal $1200, pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat hari Rabu kemarin. Sebagian aksi jual untuk menjaga kerugian oleh para trader berjangka jangka pendek terlihat mendominasi perdagangan pada hari kemarin, selain juga terlihat sebagian pembelian berdasarkan penawaran yang terjadi di pasar tunai.  Pasar perak naik sedikit pada pertengahan hari perdagangan setelah turun ke hampir tiga tahun kerendahan semalam.

Emas berjangka bulan Desember terakhir naik $7.30 per ons pada $1,208.60. Perak Comex bulan Desember terakhir naik $0.088 pada $14.065.

Aksi jual terjadi pada pasar saham hari Rabu kemarin, juga menambah dorongan naik bagi pasar emas yang “safe-haven”. Dow Jones Industrial Average turun 0.6% dan S&P 500 indexes turun 0.5%

Aksi jual yang luas terhadap dolar AS dan melemahnya minat terhadap resiko pada sesi Amerika Utara kelihatannya juga memberikan dorongan atas naiknya harga emas.

Highlight ekonomi Amerika Serikat pada hari kemarin adalah rilsi data Indeks harga konsumen untuk bulan Oktober yang muncul naik 0.3%, yang adalah sesuai dengan ekspektasi pasar dan hanya memiliki sedikit pengaruh terhadap harga metal. Laporan ini meneguhkan mereka yang percaya akan inflasi di Amerika Serikat, yang sekalipun merangkak naik belakangan ini, namun tidak menjadi persoalan.

Kejatuhan yang besar di dalam harga minyak mentah telah menghantui pasar dunia. Minyak mentah berjangka Nymex menguat pada hari kemarin karena kenaikan yang bersifat koreksi setelah menyentuh kerendahan selama 11 bulan pada $54.75 per barel pada hari Selasa. Di dalam kurun waktu kurang dari enam minggu harga minyak mentah Nymex telah turun lebih dari $20 per barel. Penurunan yang tajam pada harga minyak mentah adalah elemen “bearish” bagi kebanyakan sektor komoditi mentah, termasuk metal, karena minyak tanpa bisa diperdebatkan, adalah pemimpin dari sektor ini.

Secara tehnikal, dengan penutupan harian diatas level psikologis $1200, emas bisa melanjutkan pemulihannya ke $1211 dan akan berlanjut ke $1223 sampai $1227. Sebaliknya apabila turun, akan berhadapan dengan “support” awal pada $1197 yang apabila tertembus akan bertemu dengan level “support” berikutnya pada $1185 serta $1180.

Ricky Ferlianto/VBN/Head of III, Vibiz Consulting Group

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here