Bursa Asia Akhir Pekan Dapat Untung, Bursa China Memerah

399
indeks shanghai

(Vibiznews – Index) – Mayoritas bursa saham Asia pada perdagangan hari Jumat (16/11) diperdagangkan lebih tinggi meskipun muncul ketidakpastian baru dari Inggris semalam yaitu ketegangan Brexit setelah beberapa menteri penting mengundurkan diri dari pemerintahan Perdana Menteri Theresa May.

Indeks bursa dibuka menguat setelah perdagangan sebelumnya ditutup mixed, bursa saham Korea Selatan,  Australia terpantau  melanjutkan keuntungan perdagangan sebelumnya. Kekuatan indeks juga mendapat sokongan dari keuntungan saham sektor energy pasca rally harga minyak mentah.

Indeks Nikkei 225 Jepang diperdagangkan naik 0,18 persen di awal perdagangan dengan  indeks Topix naik 0,23 persen. Bursa saham di Korea Selatan, indeks Kospi alami kenaikan 0,52 persen. Demikian juga di Australia, indeks ASX 200 naik 0,25 persen doleh dukungan saham sektor energi naik 0,48 persen dan subindex keuangan yang sangat berat naik 0,59 persen.

Untuk pergerakan bursa saham China, bursa saham Shanghai dan Hongkong alami profit taking dengan indeks komposite Shanghai turun 0,1 persen dan indeks Hangseng Hongkong turun 0,86%.

Demikian juga dengan perdagangan saham di Indonesia, IHSG dibuka menguat dan kini bergerak kuat ke posisi 5978,79 atau alami kenaikan 0,39 persen dari perdagangan sebelumnya.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here