Bursa Eropa Tetap Untung Sekalipun Diterpa Gejolak Politik

776

(Vibiznews – Index)- Perdagangan saham Eropa dibuka lebih tinggi pada pasar Eropa hari Jumat  (16/11) dikarenakan  investor memantau secara ketat gejolak politik yang sedang berlangsung di Inggris. Sumbangan kekuatan lain juga datang dari rally harga minyak mentah.

Fokus pasar sebagian besar selaras dengan perkembangan Brexit, di tengah kekhawatiran yang meningkat bahwa negara itu bisa segera keluar dari Uni Eropa tanpa kesepakatan perceraian. Pound Inggris mengalami kerugian satu hari terbesar terhadap euro sejak Oktober 2016 pada perdagangan sebelumnya karena kebingungan pengunduran diri beberapa menteri kabinet pemerintah  Perdana Menteri Theresa May.

Terpantau indeks Stoxx 600 Eropa pan-Eropa naik sekitar 0,44 persen sesaat setelah bel pembukaan, dengan sebagian besar sektor dan bursa utama bergerak di wilayah positif. Pergerakan indeks bursa Eropa terkini; Indeks  DAX Jerman naik 0,58 persen, indeks CAC 40 Prancis tergelincir 0,65 persen sementara FTSE 100 Inggris turun 0,45 persen.

Perdagangan saham Asia terpantau indeks MSCI untuk saham Asia Pasifik, kecuali Jepang, naik 0,3 persen. Sebagai informasi, perdagangan hari Kamis  lalu  sebagian besar indeks  lebih rendah karena ketegangan Brexit. Indeks Eropa Eropa Stoxx 600 melemah 1,1 persen. DAX Jerman turun setengah persen dan CAC 40 Perancis turun 0,7 persen sementara FTSE 100 Inggris mendapat keuntungan dari melemahnya pound untuk mengakhiri 0,1 persen lebih tinggi.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here