Pasar Eropa Bergerak Naik Didukung Sektor Media Perancis

912

(Vibiznews – Index) – Saham Eropa bergerak lebih tinggi Jumat pagi waktu di Eripa, karena investor memantau gejolak politik yang sedang berlangsung di Inggris.

Stoxx 600 Eropa naik sekitar 0,5 persen selama transaksi tengah pagi, dengan sebagian besar sektor dan bursa utama berada di wilayah positif.

Saham media memimpin kenaikan setelah bel pembukaan, naik lebih dari 1,4 persen di tengah rilis kinerja laporan keuangan perusahaan-perusahaan. Konglomerat media Perancis Vivendi melaporkan penjualan kuartal ketiga yang lebih kuat dari yang diantisipasi pada hari Jumat, didukung oleh pertumbuhan yang terjadi di divisi Universal Music Group. Indeks saham yang terdaftar di bursa saham Paris naik lebih dari 5 persen.

Indeks perbankan Eropa berada di bawah tekanan Jumat pagi, turun sekitar 0,1 persen karena pemberi pinjaman U.K. berjuang di tengah kekhawatiran yang meningkat saat negara itu kemungkinan akan jatuh saat keluar dari Uni Eropa tanpa kesepakatan perceraian Brexit. Saham-saham Barclays, Lloyds dan RBS semuanya diperdagangkan lebih dari 1 persen lebih rendah.

Harga saham NIBE Industrier di Swedia naik ke atas patokan setelah melaporkan laba sebelum pajak naik 20 persen dalam sembilan bulan pertama tahun ini. Saham perusahaan melonjak lebih dari 6 persen selama transaksi pagi.

Pound Inggris mengalami kerugian satu hari terbesar terhadap euro sejak Oktober 2016 pada Kamis, karena pengunduran diri yang mengguncang pemerintah yang dipimpin Perdana Menteri Theresa May. Namun, mata uang Inggris telah stabil, diperdagangkan pada 1,2814 terhadap dolar AS pada Jumat pagi.

Di Asia, indeks MSCI untuk saham Asia Pasifik, kecuali Jepang, naik 0,3 persen. Kenaikan moderat terjadi meski hasil yang mengecewakan dari pembuat chip AS Nvidia Corp – yang telah menyeret sektor teknologi AS lebih rendah semalam.

Kembali di Eropa, investor cenderung berhati-hati untuk rilis data tingkat inflasi inti wilayah euro untuk Oktober sekitar pukul 10 pagi waktu London.

Selasti Panjaitan/VBN/Coordinating Partner of Wealth Planning Services
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here