Pasar Dunia Masuk Wilayah Positip Meski Didalam Bayang Brexit Dan Trade War

465

(Vibiznews – Index) – Pasar dunia memulai minggu di wilayah positip, di tengah gencatan senjata potensial di China-AS dan kekhawatiran baru yang ditemukan Federal Reserve atas ekonomi global yang melemahkan dolar.

Asia butuh waktu beberapa saat untuk melakukan pemanasan yang akhirnya ditutup menguat dan Eropa juga dimulai dengan baik karena lonjakan 1 persen dalam saham pertambangan, teknologi dan bank membantu para pedagang mengabaikan kesengsaraan akibat Brexit pada minggu lalu.

Di pasar mata uang, untuk saat ini, dunia melihat penurunan dolar yang meluas tahun depan yang akan merevisi pandangan bearish jangka panjang pada yen Jepang, mata uang Amerika Latin, krona Swedia, dolar Kanada, Australia dan Selandia Baru serta shekel Israel yang akan naik.

Pasar juga akan memusatkan perhatian pada penampilan Presiden Fed New York John Williams pada hari Senin untuk melihat apakah dia mengulang tema yang sama.

Imbal hasil pada Treasury 10 tahun AS telah sepatutnya menurun menjadi 3,08 persen, dari puncak yang dicapainya baru-baru ini, yaitu 3,25 persen.

Dolar melayang di 96,416 terhadap sekeranjang mata uang, turun dari puncak 97,693. Euro diparkir di $ 1,1417, sementara dolar mundur ke 112,72 yen.

Sterling naik lebih tinggi ke $ 1,2854 setelah gejolak politik atas Brexit menyebabkan kerugian curam pekan lalu.

Perdana Menteri Inggris Theresa May mengatakan pada hari Minggu bahwa menjatuhkannya akan berisiko menunda Brexit saat ia menghadapi kemungkinan tantangan kepemimpinan dari dalam partainya sendiri.

Di pasar komoditas, emas naik didorong penurunan dolar dan ditahan di $ 1,1220.19.

Harga minyak mengalami kerugian minggu keenam berturut-turut sejak pekan lalu, tetapi telah menemukan beberapa dukungan dari ekspektasi bahwa Organisasi Negara Pengekspor Minyak akan memangkas produksi.

Minyak mentah Brent naik 54 sen menjadi $ 67,30 per barel, sementara minyak mentah AS naik 70 sen menjadi $ 57,16.

Selasti Panjaitan/VBN/Coordinating Partner of Wealth Planning Services
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here