Rally Harga Minyak Dunia Dibatasi Kondisi Ekonomi Global

391

(Vibiznews – Commodity) –  Rally harga minyak mentah sejak perdagangan pekan lalu terus berlanjut hingga awal perdagangan pekan ini hari Senin  (19/11) meskipun bergerak dengan hati-hati. Kenaikan harga tersebut masih mendapat sentimen harapan pasar terhadap Arab Saudi mendorong OPEC pangkas produksi menjelang akhir tahun ini.

Sebelumnya OPEC memberi sinyal kemungkinan pemangkasan produksi pada tahun 2019 dengan mempertimbangkan pemotongan hingga 1,8 juta barel per hari (bpd) tahun depan yang akan diumumkan pada bulan Desember.

Terpantau di pasar komoditas sesi Asia awal pekan,  harga minyak mentah berjangka jenis Brent naik 0,84 persen menjadi $ 67,45 per barel   sementara itu harga minyak mentah berjangka AS atau WTI alami kenaikan 1,20 persen pada $ 57,24.

Kenaikan harga minyak terkini dibayang-bayangi oleh sentimen kekhawatiran pasar akan laporan rekor pasokan minyak mentah  AS oleh EIA serta kondisi melemahnya pertumbuhan ekonomi global yang bisa memangkas permintaan .

Untuk perdagangan selanjutnya, analis Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah selanjutnya berpotensi turun kembali oleh sentimen kekhawatiran pasar akan proyeksi permintaan global.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here