Emas Turun Terbatas ke $1220

380

(Vibiznews-Commodity) Harga emas turun sedikit pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat yang lebih tenang, hari Senin kemarin, Terlihat adanya konsolidasi pada grafik harian setelah keuntungan yang lumayan belakangan ini.

Emas berjangka bulan Desembar terakhir diperdagangkan turun $0.90 per ons pada $1,222.10. Perak Comex bulan Desember terakhir diperdagangkan naik $0.003 pada $14.385 per ons.

Pasar saham global bercampur di dalam perdagangan yang sepi menjelang liburan semalam. Indeks saham AS turun sedikit pada awal perdagangan AS.

Minggu ini akan menjadi minggu perdagangan yang lebih sepi karena liburan “Thanksgiving” AS jatuh pada hari Kamis. Pasar AS tutup pada hari Rabu pagi, dengan hari Jumat menjadi hari jualan “Black Friday” yang mana banyak trader dan investor akan keluar untuk berbelanja hadiah-hadiah Natal.

Tidak ada perkembangan berita-berita baru pada awal minggu ini yang bisa menggerakkan pasar. Laporan CIA telah menyebut Putra Mahkota Arab Saudi sebagai orang yang memerintahkan pembunuhan atas jurnalis Arab Saudi pada bulan lalu tidak menggerakkan pasar. Kebanyakan orang percaya AS memiliki kepentingan yang besar dengan Arab Saudi sebagai sekutu mereka di Timur Tengah dan pembeli senjata AS, untuk membuat kesepakatan yang besar mengenai hal tersebut.

Minyak mentah berjangka Nymex turun sedikit karena koreksi setelah mencapai kerendahan selama 11 bulan di $54.75 pada minggu lalu.

Secara tehnikal, target kenaikan harga berikutnya adalah menghasilkan penutupan emas berjangka bulan Desember diatas “resistance” yang solid pada ketinggian di bulan November di $1,239.30. Sedangkan target penurunan harga adalah mendorong harga kebawah “support” tehnikal pada bulan September di kerendahan $1,184.30. Resistance pertama terlihat pada ketinggian minggu lalu di $1,226.00 dan kemudian di $1,230.00. Support pertama terlihat pada kerendahan hari Jumat kemarin di $1,213.70 dan kemudian di $1,207.10.

Ricky Ferlianto/VBN/Head of III, Vibiz Consulting Group

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here