Pasar Perumahan AS Oktober Masih Tertatih-tatih

610
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Economy & Business) Pembangunan rumah AS meningkat pada bulan Oktober di tengah melambungnya proyek perumahan multi-keluarga, tetapi pembangunan rumah keluarga tunggal jatuh untuk bulan kedua berturut-turut, menunjukkan pasar perumahan tetap terperosok dalam kelemahan karena suku bunga hipotek berbaris lebih tinggi.

Pembangunan awal perumahan meningkat 1,5 persen ke tingkat tahunan yang disesuaikan secara musiman 1.228 juta unit bulan lalu, Departemen Perdagangan mengatakan pada hari Selasa (20/11).

Data untuk September direvisi turun untuk menunjukkan pembangunan awal turun ke tingkat 1,210 juta unit bukannya laju yang dilaporkan sebelumnya 1,201 juta unit.

Izin bangunan tergelincir 0,6 persen ke tingkat 1,263 juta unit pada bulan Oktober. Ekonom yang disurvei oleh Reuters telah memperkirakan perumahan mulai naik ke laju 1,225 juta unit bulan lalu.

Pasar perumahan sedang tertatih-tatih oleh meningkatnya biaya pinjaman serta kekurangan lahan dan tenaga kerja, yang telah menyebabkan persediaan yang ketat dan harga rumah yang lebih tinggi. Ini membuat pembelian rumah tidak terjangkau bagi banyak pekerja karena pertumbuhan upah telah menurun.

Tingkat hipotek tetap 30 tahun melayang di tertinggi tujuh tahun 4,94 persen, menurut data dari lembaga keuangan hipotek Freddie Mac. Upah naik 3,1 persen pada Oktober dari tahun lalu.

Pembangunan rumah tunggal keluarga, yang merupakan bagian terbesar dari pasar perumahan, turun 1,8 persen ke tingkat 865.000 unit pada Oktober setelah menurun pada bulan September.

Pembangunan perumahan keluarga tunggal telah kehilangan momentum sejak mencapai kecepatan 948.000 unit November lalu, yang merupakan yang terkuat dalam lebih dari 10 tahun.

Sebuah survei pada hari Senin menunjukkan kepercayaan di antara homebuilder keluarga tunggal turun ke level terendah lebih dari dua tahun pada bulan November, dengan pembangun melaporkan bahwa “pelanggan mengambil jeda karena kekhawatiran atas kenaikan suku bunga dan harga rumah.”

Pembangunan awal perumahan Keluarga tunggal di Selatan, yang menyumbang sebagian besar pembangunan rumah, turun 4,0 persen bulan lalu. Homebuilding keluarga tunggal melonjak 14,8 persen di Timur Laut dan turun 2,0 persen di Barat. Kegiatan groundbreaking di rumah keluarga tunggal turun 1,6 persen di Midwest.

Izin untuk membangun rumah keluarga tunggal turun 0,6 persen pada Oktober ke laju 849.000 unit. Izin-izin ini tetap di bawah tingkat permulaan keluarga tunggal, yang menunjukkan lingkup terbatas untuk pengambilan yang kuat dalam pembangunan rumah.

Pembangunan awal untuk segmen perumahan multi-keluarga yang bergejolak naik 10,3 persen ke tingkat 363.000 unit pada bulan Oktober. Izin untuk pembangunan rumah multi-keluarga turun 0,5 persen ke laju 414.000 unit.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here