Bursa Eropa Nggak Mau Rugi Seperti Bursa Dunia Lainnya

381

(Vibiznews – Index)- Perdagangan saham Eropa dibuka lebih tinggi pada pasar Eropa hari Rabu (21/11) menghiraukan kondisi perdagangan bursa saham global lainnya yang tertekan oleh kekhawatiran kondisi ekonomi dunia.  Bursa Eropa rebound dari pelemahan perdagangan sebelumnya oleh harapan pulihnya ketegangan politik Eropa selama ini.

Selain perkembangan politik terbaru di kawasan Eropa, sentimen pasar juga didapat dari kenaikan harga minyak mentah yang sedang berlangsung setelah perdagangan sebelumnya anjlok ke posisi terendah dalam 1 tahun.

Terpantau indeks Stoxx 600 Eropa pan-Eropa naik sekitar 0,4 persen sesaat setelah bel pembukaan, dengan sebagian besar sektor dan bursa utama di wilayah positif. Pergerakan indeks bursa Eropa terkini; Indeks  DAX Jerman naik 0,82 persen, indeks CAC 40 Prancis naik 0,46 persen sementara FTSE 100 Inggris naik 0,44  persen.

Perhatian investor sedang tertuju pada kondisi politik di Eropa, dimana pemerintah Italia memungkinkan untuk melakukan revisi anggaran dan tentang ketegangan Brexit hari ini PM Inggris akan bertemu dengan Presiden Komisi Eropa di Brussels membicarakan nota kesepakatan Brexit.

Sebagai informasi, perdagangan sebelumnya  ditutup  lebih rendah setelah Gubernur Bank of England Mark Carney memperingatkan bahwa risiko skenario “tidak ada kesepakatan, tanpa transisi” tetap sangat tinggi.  Indeks Eropa Eropa Stoxx 600 turun  1,1 persen, indeks DAX Jerman kehilangan 1,6 persen, indeks CAC 40 Perancis turun 1,2 persen dan FTSE 100 Inggris turun 0,8 persen.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here