Harga Minyak Dunia Mulai Bangkit Dari Harga Terendah 1 Tahun

356

(Vibiznews – Commodity) –  Harga minyak mentah mixed pada perdagangan sesi Asia hari Rabu (21/11) bangkit kembali  setelah perdagangan sebelumnya anjlok  lebih dari 6 persen atau jatuh ke posisi harga terendah dalam 1 tahun. Kenaikan harga terjadi oleh laporan penurunan tak terduga dalam persediaan minyak mentah komersial AS serta impor minyak mentah India.

American Petroleum Institute (API) pada Selasa malam melaporkan bahwa persediaan minyak mentah komersial AS pekan lalu turun tak terduga oleh 1,5 juta barel, menjadi 439,2 juta  dalam sepekan  yang berakhir hingga 16 November. Kemudian ada laporan rekor impor minyak mentah oleh India hampir 5 juta barel per hari (bpd).

Terpantau di pasar komoditas sesi Asia hari Rabu,  harga minyak mentah berjangka jenis Brent yang merupakan harga patokan minyak dunia naik 1,38 persen menjadi $ 63,37 per barel  sementara itu  harga minyak mentah berjangka AS atau WTI alami kenaikan 1,48 persen pada $ 54,23.

Namun investor tetap gelisah, dengan peringatan Badan Energi Internasional (IEA) tentang ketidakpastian yang belum pernah terjadi sebelumnya di pasar minyak karena lingkungan ekonomi yang sulit dan risiko politik. Karena meningkatnya kekhawatiran pertumbuhan global menghancurkan pasar minyak dan anjloknya bursa saham global.

Untuk perdagangan selanjutnya, analis Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah berpotensi naik terus oleh sentimen laporan pasokan minyak AS serta impor India tersebut yang mengurangi beban melimpahnya pasokan global.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here