Proyeksi 5 Kali Kenaikan Suku Bunga AS Tahun 2019

476

(Vibiznews – Economy & Business) Goldman Sachs Group Inc. dan JPMorgan Chase & Co. mrmiliki proyeksi untuk Federal Reserve akan menaikkan suku bunga lima kali lebih pada akhir 2019 bahkan ketika pasar keuangan bergejolak.

Dalam laporan yang dirilis dalam 24 jam terakhir ketika indeks Standard & Poor’s 500 jatuh ke arah koreksi, ekonom di raksasa Wall Street memprediksi Ketua Jerome Powell dan rekan akan menaikkan suku bunga acuan mereka lagi pada bulan Desember, akhirnya mencapai 3,50 persen pada akhir tahun depan.

Penurunan pengangguran menjadi 3,3 persen dan peningkatan dalam ukuran inflasi yang disukai Fed menjadi 2,3 persen akan mendorong Fed untuk meningkatkan patokannya dari tingkat saat ini – kisaran 2 persen hingga 2,25 persen, kata mereka.

Goldman Sachs mengatakan ada kemungkinan 90 persen dari kenaikan bulan Desember dan risiko di sekitar panggilan untuk empat peningkatan pada tahun 2019 adalah “secara luas seimbang.”

Sementara mengakui aksi jual baru-baru ini di saham, para ekonom Goldman Sachs mengatakan review dari penurunan pasar sejak 1994 menyarankan Fed hanya berubah menjadi akomodatif ketika ukuran lain dari kondisi keuangan juga memburuk secara substansial atau pertumbuhan ekonomi turun di bawah tren jangka panjang.

Investor lebih ragu apakah Fed akan sangat agresif. Ekonom di Morgan Stanley adalah di antara mereka yang hanya melihat dua kenaikan pada 2019 setelah kenaikan Desember. Bloomberg Economics melihat tiga peningkatan tahun depan.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here