Perdagangan Saham di Bursa Eropa Masuk Zona Merah

600

(Vibiznews – Index)- Perdagangan bursa saham Eropa dibuka masuk zona merah pada pasar Eropa hari Kamis (22/11) karena investor tetap berhati-hati dalam menghadapi kesulitan anggaran Brexit dan Italia di Eropa, dan ketegangan geopolitik yang lebih luas.

Perkembangan Brexit terus mendominasi berita utama di Eropa  dimana Perdana Menteri Inggris Theresa May membahas keadaan negosiasi Brexit saat ini dengan Presiden Komisi Eropa, Jean-Claude Juncker. Kemajuan sedang dibuat pada rancangan perjanjian tentang UE – Inggris mendatang. Ada pertemuan para pemimpin Uni Eropa pada hari Minggu di mana mereka diharapkan untuk mendukung rancangan kesepakatan Brexit.

Terpantau indeks Stoxx 600 Eropa pan-Eropa turun 0,2 persen, dengan semua indeks utama di wilayah negatif. Pergerakan indeks bursa Eropa terkini; Indeks  DAX Jerman turun 0,37 persen, indeks CAC 40 Prancis turun 0,47 persen sementara FTSE 100 Inggris turun 0,53  persen.

Dalam hal pergerakan sektor, saham sektor healthcare adalah yang berkinerja terbaik, naik 0,10 persen, dengan semua sektor lain di wilayah negatif. Saham sektor Utilitas dan Bank berada di atas sektor berkinerja terburuk, turun hampir 1 persen.

Sebagai informasi, perdagangan sebelumnya bangkit kembali dari penurunan tajam baru-baru ini  karena investor menyambut laporan media yang menunjukkan bahwa Italia kemungkinan akan melakukan kompromi dengan Uni Eropa pada aspek-aspek tertentu dari anggarannya. Indeks Pan Eropa Stoxx 600 melonjak 1,1 persen, indeks DAX Jerman melonjak 1,6 persen, indeks CAC 40 Perancis naik 1 persen dan indeks FTSE menguat 1,5 persen.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here