Emas Dunia Akhir Pekan Stabil Menuju Gain 2 Minggu, Emas Antam Bertahan di Rp668.000 per gram

407

(Vibiznews – Commodity) – Harga emas dunia terpantau tertahan pada perdagangan akhir pekan Jumat siang (23/11) WIB, di tengah pasar yang  meragukan laju selanjutnya kenaikan suku bunga Federal Reserve AS, yang menempatkan logam mulia di jalur kenaikan dua minggu secara berturut-turut.

Spot emas stabil pada $1,227.38 per ounce pada Jumat menjelang siang WIB. Logam mulia ini telah memetik gain di minggu yang kedua berturut-turut, naik sekitar 0,4 persen setelah naik 1 persen pekan lalu. Emas berjangka AS sedikit berubah pada $ 1,226.9 per ounce.

Indeks dollar, yang mengukur dollar terhadap keranjang enam mata uang saingan utamanya, menjelang siang hari WIB ini turun ke level 96,45, dibandingkan level penutupan sesi sebelumnya di 96,48.

The Fed secara luas diperkirakan akan memasang kenaikan suku bunga yang keempat pada 2018 di bulan Desember, tetapi investor memiliki kekhawatiran atas berapa kali lagi kenaikan suku bunga bank sentral dapat diterapkan di tahun depan tanpa risiko perlambatan ekonomi domestik AS.

Di tempat lain, ketegangan perdagangan antara AS-Cina kemungkinan akan mendominasi pertemuan puncak 20 ekonomi terbesar di dunia pekan depan, demikian menurut seorang pejabat senior Uni Eropa yang mengatakan bahwa Uni Eropa ingin bertindak sebagai pembangun jembatan, sebagaimana dirilis Reuters hari ini (23/11).

Sementara itu, analis Vibiznews melihat bahwa spot emas dunia secara bertahap masih dalam rally memasuki hari kedelapan dalam Sembilan sesi hari, sedangkan dollar masih rapuh terkoreksi saat ini oleh kuatnya euro. Harga emas, kalau terdongkrak ke atas akan menuju ke level resistant $1.236,94 dan level $1.243,01. Sedangkan, bila tertekan, akan menuju level support di $1.195,90 dan $$1.190,85.

Di dalam negeri, harga emas ANTAM terpantau stabil di level harga Rp668.000 per gramnya, dibandingkan harga pada Kamis kemarin di Rp668.000 juga.

 

Alfred Pakasi/VBN/MP Vibiz Consulting Group

Editor: Asido

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here