EUR/USD Menguat Diatas 1.1400 Jelang PMI Zona Euro

417

(Vibiznews-Forex) EUR/USD naik dengan mantap diatas batas 1.14 pada hari Jumat, dengan sentimen disekitar Euro meningkat oleh karena optimisme Brexit diperbaharui dan dolar AS melemah, jelang keluarnya data PMI Zona Euro dan AS.

Dengan kosongnya kursi perdagangan AS ditengah liburan Thanksgiving, matauang utama diperdagangkan terbatas dengan kekecualian Poundsterling, yang sangat sensitif terhadap berita-berita Brexit. EUR/USD terus berputar disekitar angka 1.1400, tidak terpengaruh dengan risalah pertemuan ECB, yang menunjukkan bahwa bank sentral tetap teguh untuk menyelesaikan Quantitative Easing pada Desember berikutnya, meskipun para pembuat kebijakan biarbagaimanapun telah mengakui pertumbuhan global yang melambat dan menurunnya tekanan inflasi.

Perkiraan pendahuluan dari Consumer Confidence bulan November jatuh ke -3.9, lebih buruk daripada yang diperkirakan -3.0 dan sebelumnya -2.7 dengan sentimen lokal tetap dibebani dengan kekuatiran akan perdagangan global.

Saat ini kalender ekonomi makro akan memberikan pendahuluan PMI Markit bulan November untuk Uni Eropa dan AS. Untuk Uni Eropa, perkiraan mengarah kepada angka yang mirip dengan angka final bulan Oktober, sementara di AS sektor jasa kelihatannya meningkat. Pasar AS akan tutup lebih awal pada hari Jumat ini dan reaksi pasar akan terbatas sampai pembukaan pasar kembali minggu depan ketika para investor akan kembali ke meja perdagangan mereka.

Secara tehnikal, pergerakan turun akan berhadapan dengan “support” awal pada 1.1355 yang jika berhasil ditembus akan turun ke 1.1310 dan lalu ke 1.1265. Sebaliknya pergerakan naik akan berhadapan dengan “resistance” awal pada 1.1425 yang apabila berhasil ditembus akan bertemu dengan “resistance” berikutnya di 1.1460 yang akan lanjut ke 1.1500.

Ricky Ferlianto/VBN/Head of III, Vibiz Consulting Group

Editor: Asido

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here